Perkuat Sinergritas, Kang Marhaen Berikan Pembinaan Lembaga dan Aparatur Pemerintah Desa di Gondang

Tekankan Pentingnya Komunikasi, Koordinasi dan Kolaborasi

Nganjuk, PING - Sebagai sarana komunikasi antara lembaga dan aparatur pemerintah desa dengan pemerintah daerah, Bupati Nganjuk Marhaen Djumadi memberikan arahannya dalam forum 'Pembinaan Kelembagaan Pemerintah Desa di Desa Sumberagung Kecamatan Gondang, pada Kamis (20/7/2023).

Hadir dalam acara tersebut, Kepala Dinas PMD Kabupaten Nganjuk, Asisten Pemerintahan dan Kesra, Forpimcam Gondang, Kepala Desa se-Kecamatan Gondang bersama Lembaga Desa dan para Kader Desa.

Dalam arahannya, Bupati yang akrab disapa Kang Marhaen itu menuturkan bahwa pembinaan ini bertujuan untuk meningkatkan kapasitas lembaga desa dalam menjalankan tugas dan fungsinya. 

Baca Juga : Bupati Marhaen Bina Lembaga Desa Dibarengi Launching 17 Unit Mobil Siaga Desa di Sugihwaras-Bagor

Selain itu, pembinaan ini juga sebagai penguatan dan peningkatan kelembagaan tingkat desa di seluruh Kabupaten Nganjuk. "Alhamdulillah, hari ini kita laksanakan pembinaan kelembagaan desa di Kecamatan Gondang dengan lancar," ucap Kang Marhaen.

Kang Marhaen menyampaikan peningkatan kapasitas ini tidak lain, yakni untuk menghargai antar lembaga yang ada di Desa. "Artinya, mereka itu di Wong no," tandas Kang Marhaen.

Dikatakan, Kang Marhaen peningkatan kapasitas kelembagaan desa ini juga untuk menjalin komunikasi, koordinasi dan kolaborasi antar lembaga dan aparatur pemerintah desa dengan pemerintah daerah.

"Ini menjadi pijakan kita dalam peningkatan kelembagaan tersebut. Sehingga lembaga bisa eksen dibidangnya masing-masing," pungkas Kang Marhaen sembari menyebut lembaga desa bisa mengeksplor potensi yang ada didesanya guna dikenal oleh masyarakat luas.

Baca Juga : Kang Marhaen Hadiri Kegiatan Penguatan Kelembagaan di Kelurahan Begadung

Lebih lanjut Kang Marhaen berpesan kepada seluruh Kepala Desa di Kabupaten Nganjuk agar tahun depen, mereka membuat laporan ke LHKPN. Karena ini salah satu indikator MCP KPK.

"Ini semua demi kemajuan Kabupaten Nganjuk, yang dimulai dari tingkat Desa. Yuk, saatnya Nganjuk maju bersama-sama dengan mental Anjuk Ladang atau mental sukses," tutupnya.

Sebagai informasi, dalam acara tersebut. Bupati Marhaen, secara simbolis juga berkesempatan melaunching 17 mobil siaga desa se Kecamatan Gondang.

0 Komentar