Perkuat Keutuhan NKRI Anggota Linmas, Camat Pace Lakukan Pembinaan Pentingnya Peran Satlinmas

Linmas Harus Bersinergi dengan Pemerintahan Desa, Polri dan TNI Agar Masyarakat Terlindungi

NGANJUK, PING- Linmas merupakan singkatan dari Perlindungan Masyarakat merupakan warga masyarakat yang disiapkan dan dibekali pengetahuan serta keterampilan untuk melaksanakan kegiatan penanganan bencana guna mengurangi dan memperkecil akibat bencana, serta ikut memelihara keamanan, ketertiban dan ketentraman masyarakat serta kegiatan sosial kemasyarakatan.

Sebagai peningkatan peran serta Satuan Perlindungan Masyarakat (Satlinmas), Pemerintah Kecamatan Pace Kabupaten Nganjuk menyelenggarakan kegiatan Pembinaan Linmas, pada hari Rabu (06/07/2022) bertempat di Pendopo Kecamatan Pace Kabupaten Nganjuk. 

Hadir dalam kegiatan tersebut, Camat Pace Ida Shobihatin, Danramil, Perwakilan dari Polsek, Perwakilan Satpol PP Kabupaten Nganjuk, Dinas Damkar Kabupaten Nganjuk, dan Perwakilan BPBD Kabupaten Nganjuk, serta Kasi Trantibum Kecamatan Pace dan para peserta yang merupakan anggota Satlinmas dari tiap desa se-Kecamatan Pace. 

"Kami ucapkan banyak terima kasih kepada anggota linmas yang hadir dalam acara Pembinaan Linmas. Terkait dengan Linmas ada beberapa hal yang harus diketahui diantaranya anggota linmas yang dipersiapkan dan dibekali lengkap dengan pengetahuan serta keterampilan. Anggota linmas harus betul-betul memahami tugas dan fungsinya. Juga harus bisa mengetahui bagaimana jika terjadi bencana dan resikonya serta bisa menyampaikan informasi kepada masyarakat”, ucap Ida memberi arahan.

Ida juga menjelaskan bahwa tugas Linmas sangat penting bagi masyarakat, khususnya di wilayah Kecamatan Pace. 
“Linmas harus bisa bersinergi dengan Pemerintahan Desa, Polri, dan TNI agar masyarakat kita terlindungi dari beberapa hal yang membuat keamanan dan ketertiban terganggu", terangnya.

(Para anggota linmas Kecamatan Pace antusias mengikuti pembinaan Satlinmas)

Disampaikan Ida ada beberapa tujuan yang ingin dicapai dalam kegiatan ini. Diantaranya adalah meningkatkan kompetensi dan kapasitas para anggota Linmas se-Kecamatan Pace, serta sebagai salah satu persiapan dalam menghadapi bencana seperti banjir dan kebakaran. Ida berharap kegiatan tersebut dapat disampaikan dan disebarluaskan kepada masyarakat desa masing-masing.

"Harapannya pembinaan dan pelatihan yang didapat hari ini nanti dapat disampaikan dan disebarluaskan kepada rekan-rekan serta masyarakat desa masing-masing", tutupnya.

(El/Yos)

 

Baca Juga :

0 Komentar