Peringati Hari Kunjung Perpustakaan, Dinas Arpus Kenalkan Gedung Baru Perpustakaan Daerah Nganjuk

Perpustakaan baru bertempat di Jalan Mastrip 2 No. 230, Kecamatan Nganjuk, Kabupaten Nganjuk.

Nganjuk, PING- Untuk menumbuhkan minat baca masyarakat Kabupaten Nganjuk, Dinas Arsip dan Perpustakaan Kabupaten Nganjuk tidak hentinya melakukan sosialisasi dengan memperkenalkan lebih dalam profil Perpustakaan Daerah baru yang ada di Jalan Mastrip. 

Seperti hari ini tanggal 14 September 2023 yang bertepatan dengan kari Kunjung Perpustakaan. Perpustakaan Daerah Nganjuk menerima kunjungan dari SLB Sambirejo, Kecamatan Tanjunganom. Tidak hanya itu, setiap hari Perpustakaan Daerah juga didatangi dua sampai tiga sekolahan, baik tingkat PAUD maupun TK, tujuan utamanya bermain dan edukasi belajar membaca untuk segala usia. 

Plt. Kepala Dinas Arpus Nganjuk, Eko Sutrisno, mengaku pihaknya selalu berupaya meningkatan pelayanan melalui beberapa program. Diantaranya melalui aplikasi e-Pusda, Martabak (Mari Membaca Bersama Anak), Dongkel Beras (Dongeng Keliling Bersama Anak Sekolah). Termasuk di dalamnya ada layanan perpustakaan keliling. 

Baca Juga: Tumbuhkan Minat Baca Anak, Dinas Arpus Primakan Layanan Perpustakan

“Layanan tersebut sebagai fasilitas yang disediakan Dinas Arpus kepada masyarakat Nganjuk untuk menambah minat baca agar semakin bertambah dengan baik,” tutur Eko.

Sementara itu, Kepala Bidang Perpustakaan Dinas Arpus Nganjuk, Fitri Kusuma Wardani, menambahkan dalam pelayanan Dongkel Beras ini menyasar pada sekolah-sekolah yang tidak terjangkau. 

Baca Juga: Kabar Gembira, Nganjuk Segera Miliki Gedung Perpustakaan Yang Baru

“Maksudnya anak-anak yang belum sempat ke kota akan kita jemput, kemudiaan kita ajak berkeliling kota Nganjuk, ke museum, sampai ke perpustakaan dengan tujuan mengenalkan mereka Perpustakaan Daerah,” tuturnya. 

Lebih lanjut, Fitri juga menyampaikan kepada masyarakat Nganjuk bahwa Perpustakaan Daerah sekarang sudah pindah di Gedung baru yaitu Jalan Mastrip 2 No. 230, Kecamatan Nganjuk Kabupaten Nganjuk.

“Tempatnya jauh dari jalan raya. Namun demikian, kita tetap memfasilitasi tempat yang nyaman. Termasuk kita berikan wifi gratis, komputer gratis, sehingga jika ada pelajar yang ingin belajar kelompok tetap bisa dan nyaman,” jelasnya.  

Baca Juga: Inovatif, Dinas Arpus Nganjuk Bakal Luncurkan Pelayanan Bengkel Arsip

Terakhir, Fitri berharap kepada masyarakat dan pelajar untuk mengenal Perpustakaan dan kita juga akan selalu mengajak masyarakat untuk gemar membaca. (CY/NR)

0 Komentar