Peringati Harganas ke-29, Kang Marhaen Ajak Ciptakan Keluarga Berkualitas dan Cegah Stunting

Berikan Pembinaan Kepada Kader PPKB dan Sub PPKB dalam Mendampingi Keluarga

NGANJUK, PING- Plt Bupati Nganjuk, Marhaen Djumadi, beserta Wakil Ketua I TP PKK Kabupaten Nganjuk, Sri Wahyuni, ikuti puncak peringatan Hari Keluarga Nasional (Harganas) ke-29 yang diselenggarakan oleh Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (Dinas PPKB) di pendopo KRT Sosrokoesomo, Kamis (07/07/2022).

Sesuai dengan tema, “Ayo Cegah Stunting Agar Keluarga Bebas Stunting,” peringatan Harganas tahun ini dikemas dalam pembinaan Kader PPKB dan Sub PPKB, dengan tujuan untuk mencegah dan menurunkan angka stunting serta menciptakan keluarga yang berkualitas di Kabupaten Nganjuk. Hal tersebut disampaikan Plt Bupati Nganjuk, Kang Marhaen saat membuka acara tersebut.

Menurut Kang Marhaen, inti dari semuanya adalah keluarga. Artinya semuanya diawali dari keluarga dan keluarga menjadi titik tolak ukur dalam menciptakan generasi yang hebat dan berkualitas.

Baca Juga : Guna Turunkan Angka Stunting, Apel Siaga TPK Nusantara Bergerak

“Maka dengan pembinaan kader PPKB ini, saya berharap para kader bisa memberikan kontribusi dalam melakukan pembinaan terhadap keluarga. Karena Nganjuk milik kita bersama, ayo kita bangun bersama-sama,“ tegasnya.

Untuk itu, Kang Marhaen mewakili Pemkab Nganjuk dan berkolaborasi dengan Dinas PPKB berkomitmen untuk mewujudkan Kabupaten Nganjuk yang sehat dan mampu menciptakan SDM unggul dan berkualitas demi menurunkan angka stunting. “Ini tidak hanya sekedar jargon dan ucapan saja, tetapi ini menjadi impian kita bersama dalam mewujudkannya,“ tandasnya.


Kang Marhaen bersama Bu Yuni serahkan bantuan ATTG dan Kit Siap Nikah kepada UPPKA dan PIK-R PPKB. (Dok.: Humas)

Lebih lanjut Kang Marhaen berharap dengan adanya pembinaan ini, para kader PKKB mampu memberikan pendampingan dalam mewujudkan keluarga yang sehat. Seperti memberikan edukasi kepada ibu hamil hingga kelahiran anaknya.

“Hal tersebut diharapkan agar bisa mewujudkan anak atau SDM yang sehat dan tumbuh dengan baik sesuai dengan visi-misi Pemkab Nganjuk, goalnya adalah mencegah dan menurunkan angka stunting di Kabupaten Nganjuk,“ tambahnya.

Sementara itu, Widyastuti Sidhartini  selaku Kepala Dinas PPKB Kabupaten Nganjuk melaporkan bahwa kegiatan pembinaan bagi kader PPKB dan Sub PPKB ini adalah serangkaian puncak peringatan Harganas di Kabupaten Nganjuk.

"Sebanyak 68 orang mengikuti kegiatan ini, yang mana diikuti oleh penyuluh KB sejumlah 20 orang dan keluarga besar PPKB sejumlah 40 orang selebihnya adalah tamu undangan. Sehingga yang hadir dalam acara ini ada 164 orang," pungkas Widyastuti.

Dijelaskan Widya, dengan adanya pembinaan ini diharapkan bisa memotivasi para kader PPKB dalam memberikan pelayan yang terbaik untuk masyarakat Nganjuk. “Karena mereka adalah garda terdepan untuk keluarga,“ imbuhnya.

Selain itu, Widyastuti juga menyampaikan bahwa rangkaian peringatan Harganas di Kabupaten Nganjuk sudah dilaksanakan oleh pihaknya. Diantaranya, pada tanggal 19 Juni 2022 lalu dilaksanakan baksos untuk Metode Operasi Wanita (MOW) dan Metode Operasi Pria (MOP) yang diikuti sebnyak 226 orang di RS Bhayangkara. Kemudian acara apresiasi duta genre yang dialaksanakan pada 26 Juni lalu dan terakhir hari ini puncak Harganas kita ikuti secara virtual yang dipusatkan di Medan (Sumatera Utara).

Sebagai informasi, dalam acara tersebut juga diserahkan bantuan alat teknologi tepat guna (ATTG) untuk UPPKA Kelor Wonojoyo-Ngujung (Gondang), Delima (Sendangbumen-Berbek), Indah Jaya (Mojorembun-Rejoso) dan bantuan Kit siap nikah untuk PIK-R Tanjunganom, Ngronggot dan Wilangan. (Hs/Nr)

 

 

 

Baca Juga :

0 Komentar