Peningkatan Kapasitas Pemerintahan dan Lembaga Desa se-Kecamatan Prambon Tahun 2023

Kang Marhaen: Pemerintah Desa dan Lembaga Desa Harus Harmonis

Nganjuk, PING - Bupati Nganjuk, Marhaen Djumadi hadir langsung membuka acara peningkatan kapasitas pemerintahan dan kelembagaan desa se-Kecamatan Prambon, Rabu (12/7/2023) di SMPN 2 Prambon.

Hadir mendampingi Bupati Nganjuk, Ketua TP-PKK Kabupaten Nganjuk Yuni Marhaen. Hadir pula Asisten Pemkesra bersama Kepala Dinas PMD Kabupaten Nganjuk dan Kepala OPD terkait. Acara juga dihadiri Camat Prambon beserta jajarannya, Kepala Desa se-Kecamatan Prambon bersama Lembaga Desa dan para Kader Desa serta Kepala SMPN 1 dan SMPN 2 Prambon, dan para undangan lainnya. 

Baca Juga : Bina Kelembagaan Kelurahan Guyangan, Kang Marhaen Serap Aspirasi Masyarakat

Dalam sambutannya, Bupati Nganjuk Kang Marhaen menyampaikan pentingnya menjaga keharmonisan dalam suatu pemerintahan di desa.

"Mari bersama-sama saling menjaga keharmonisan di dalam keluarga, kantor dan komunitas. Termasuk kelembagaan di desa, harus harmoni semuanya. Antara Kepala Desa, BPD dan Kader harus harmonis," ujarnya sembari menyebut pentingnya menjalin komunikasi, koordinasi dan kolaborasi. 

Dalam pembinaan kelembagaan tersebut, Kang Marhaen mengajak seluruh Kepala Desa, BPD dan Kader se-Kecamatan Prambon untuk terus meningkatkan kapasitas Sumber Daya Manusia (SDM). Karena SDM yang unggul sangat diperlukan dalam membangun reformasi birokrasi.

“Yuk, benahi SDM kita. Pembangunan secara fisik itu mudah, tapi membangun SDM yang unggul itu butuh perjuangan. Namun keduanya tetap kita upayakan semuanya. Membangun dengan semangat NOL RUPIAH, biar kita melaksanakan pekerjaan dengan sepenuh hati,” tutur Kang Marhaen.

Baca Juga : Bina Lembaga Desa, Kang Marhaen: Jaga Harmonisasi, Sukseskan Pembangunan Desa

“Dengan Brain Washing menerapkan paradigma baru yang bermental juara dan bermental sukses, kita akan sepenuh hati dalam melayani masyarakat,” pungkasnya.

Sementara itu, Camat Prambon, Kuwadi menyampaikan terima kasih atas kehadiran Bupati Nganjuk beserta rombongan dalam acara Peningkatan Kapasitas Pemerintahan dan Lembaga Desa se-Kecamatan Prambon tersebut.

“Terimakasih atas rawuhnya Bapak Marhaen Djumadi beserta rombongan yang pada kesempatan ini juga berkenan me-launching sebanyak 14 mobil siaga desa se-Kecamatan Prambon,” ucapnya.

Baca Juga : Bina Lembaga Desa, Kadis PMD Sampaikan Pentingnya Peran RT dan Karang Taruna dalam Musdus

“Semoga mobil-mobil siaga desa ini dapat bermanfaat bagi masyarakat se-Kecamatan Prambon,” imbuh Kuwadi. 

Kemudian acara dilanjutkan dengan pemberian materi tentang ‘Mengubah Cara Berpikir Kelembagaan Desa dan Kader’ yang disampaikan oleh Asisten Pemkesra Kabupaten Nganjuk Samsul Huda. Dan pemberian materi ‘Tugas, Pokok dan Fungsi (Tupoksi) Sebagai Aparatur Desa, Pemerintahan Desa dan Kelembagaan Desa’ yang disampaikan oleh Kepala Dinas PMD Kabupaten Nganjuk, Puguh Hernoto.

(AL/HS)

0 Komentar