Pemkab Nganjuk Salurkan Bantuan Cadangan Pangan 200 KPM Desa Kweden-Ngetos

Kadis KPP, Yusuf Satrio Wibowo: Ringankan beban masyarakat dan tekan inflasi

Nganjuk, PING- Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Nganjuk kembali menyalurkan bantuan Cadangan Pangan Pemerintah (CPP) tahun 2023. Selasa (3/10/2023), ada sebanyak 200 Keluarga Penerima Manfaat (KPM) di Desa Kweden, Kecamatan Ngetos menerima CPP. Bantuan yang diserahkan berupa beras 10 kg per kepala keluarga yang kurang mampu.

Hadir secara langsung menyalurkan bantuan CPP, Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Perikanan (KPP) Nganjuk, Yusuf Satrio Wibowo, perwakilan Asisten Ekonomi dan Pembangunan Setda Nganjuk, Camat Ngetos, Babinsa, dan Bhabinkamtibmas Desa Kweden.

Baca Juga: Harga Beras Naik di Atas HET, Dinas KPP Nganjuk Adakan Gerakan Pangan Murah

Yusuf Satrio Wibowo menjelaskan, penyaluran beras CPP ini merupakan program prioritas pemerintah dalam upaya meringankan beban masyarakat.

“Selain itu, program ini juga untuk memastikan ketersediaan pangan bagi seluruh lapisan masyarakat, khususnya masyarakat kurang mampu. Dengan harga beras yang cukup tinggi di pasaran (di atas HET), semoga ini dapat meringankan dan membantu masyarakat Nganjuk,” bebernya.

Penyaluran beras ini, ungkap Yusuf, sebagai wujud kepedulian dan perhatian pemerintah kepada masyarakat. Tidak hanya di Desa Kweden, penyaluran bantuan CPP juga akan dilaksanakan selama 8 hari ke depan di desa/kelurahan se-Kabupaten Nganjuk.

“Mulai hari ini (3/10), sampai dengan 10 Oktober 2023. Total ada 124.091 Keluarga Penerima Manfaat (KPM) se-Kabupaten Nganjuk,” terangnya menyebut data ini berdasarkan Data Terpadu Kesejahteraan Sosial atau DTKS.

Bantuan Pangan Beras Dipercepat untuk Menekan Inflasi Kenaikan Harga Beras

Lebih lanjut, mantan Staf Ahli Bupati Nganjuk itu menambahkan, penyaluran bantuan CPP ini juga sebagai langkah pemerintah dalam menekan inflasi. Sengaja dipercepat untuk mengantisipasi dan menstabilkan harga beras, kata Yusuf.

Baca Juga: PJ Bupati Sri Handoko Taruna Gelar Operasi Pasar Komoditas Beras di Pasar Gondang dan Lengkong

“Kita berikan di awal bulan ini, sebagai tindak lanjut arahan dan instruksi dari Bapak Presiden dan Pj. Bupati Nganjuk, tentang percepatan penyaluran bantuan cadangan pangan pemerintah. Ini juga seperti operasi pasar beras murah dan gerakan pangan murah yang juga sudah kita laksanakan untuk menstabilkan harga beras,” tandasnya.

“Alhamdulilah, saat ini stok cadangan beras Pemerintah Kabupaten Nganjuk juga masih aman. Jadi, mayarakat kami himbau jangan panic buying dengan membeli atau memborong beras,” pungkasnya.

Sementara itu, ungkapan rasa syukur terima kasih disampaikan Camat Ngetos, Nuri Prihandoko, mewakili Kepala Desa Kweden dan masyarakat penerima manfaat di wilayahnya.

"Alhamdulillah, bantuan ini sangat membantu dan meringankan beban warga masayarakat kami untuk mencukupi kebutuhan bahan pangan pokok. Saya juga mengimbau kepada seluruh kepala desa untuk membantu menyukseskan penyaluran bantuan cadangan pangan di desa se-Kecamatan Ngetos," tutur Nuri. (ZK/AL)

0 Komentar