Pemeriksaan HIV Kepada Kelompok Resiko Tinggi

Dinkes dan KPAD Nganjuk gelar VCT Mobile untuk para WPS di Balongkenci

NGANJUK, PING- Dinas Kesahatan Kabupaten Nganjuk, bekerjasama dengan Puskesmas Gondang, Komisi Penanggulangan Aids Daerah (KPAD) Nganjuk, dan LSM Redline, Kamis (25/08/2022) mengadakan VCT Mobile di Dusun Jatirejo, Desa Senggowar – Gondang.

Pengelola program HIV dari Dinas Kesahatan Kabupaten Nganjuk, Nikke Nuriati, mengatakan bahwa sebelum pemeriksaan dilakukan, didahului dengan sosialisasi tentang HIV. “Para WPS ini kami berikan materi komunikasi perubahan perilaku dengan hubungan seks yang aman dengan menggunakan kondom, serta juga tujuan pemeriksaan (VCT) ini,” ungkap Nikke.

Tim dari Dinkes Nganjuk lakukan VCT kepada Kelompok Resiko Tinggi

Dari 14 WPS yang bekerja di Dusun Jatirejo (dulu dikenal dengan nama Balongkenci), yang mengikuti pemeriksaan 10 orang. “Hasil pemeriksaan dengan metode rapid test, hasil semuanya NR (non reaktif),” urai Nikke. Sementara itu, Staf KPAD Nganjuk, Triono Agus Wahyudi, yang juga mengikuti kegiatan tersebut menyampaikan bahwa kegiatan ini merupakan kolaborasi dari Dinkes Nganjuk, Puskesmas Gondang, KPAD Nganjuk serta LSM Redline. “Kegiatan VCT mobile ini telah berkoordinasi dengan desa setempat dan dihadiri Kepala Dusun serta didampingi oleh bidan desa,” ungkap Triono.

Kolaborasi dari Dinkes, PKM Gondang, KPAD Nganjuk dan LSM Redline, sosialisasikan bahaya HIV dan VCT Mobile kepada Kelompok Resiko Tinggi

Ditambahkannya, dari 10 WPS yang diperiksa, 2 orang berasal dari luar kota, yaitu Surabaya dan Kediri, dan selebihnya dari kota Nganjuk sendiri seperti Sawahan, Ngetos, dan daerah lain sekitar Gondang.

0 Komentar