Pemdes Sidokare Siap Layani Warga untuk Aktivasi IKD

Cukup datang ke kantor desa dengan membawa Smartphone android versi 8 ke atas dan email aktif

Nganjuk, PING- Layanan Identitas Kependudukan Digital (IKD) kini mulai merambah ke tingkat desa/kelurahan. Seperti halnya yang dikatakan Kepala Dinas (Kadis) Dukcapil Nganjuk, Gatut Sugiarto pada pembukaan pelatihan aktivasi aplikasi IKD pada awal November 2023 lalu.

Gatut menegaskan bahwa layanan IKD selain sebagai bukti identitas digital yang praktis dan mudah. IKD juga dapat melindungi data administrasi kependudukan kita dari berbagai problem. Maka, melalui pelatihan aktivasi IKD bagi desa/kelurahan diharapkan seluruh pemdes dapat pula menerapkan layanan IKD bagi masyarakat desa/kelurahan secepatnya.

"Sebab, IKD merupakan bukti identitas yang dapat digunakan dalam berbagai transaksi dan layanan publik. Selain itu mempercepat proses verifikasi identitas dan lebih praktis tidak usah repot membawa dokumen fisik kemana-mana. Yang paling penting, IKD melindungi keamanan data kita mencegah kehilangan atau pencurian identitas. Jadi, setelah pelatihan ini monggo bapak/ibu pemdes segera lakukan sosialisasi dan penerapan di desa/kelurahannya masing-masing," ujarnya.

Menanggapi hal itu, Pemerintah Desa Sidokare pun menyambut baik dan positif arahan tersebut. Kepala Desa Sidokare, Imam Masyhuri, mengatakan bahwa pihaknya telah menginstruksikan kepada operator IKD Sidokare untuk siap membantu dan melayani warganya dalam aktivasi IKD tersebut.

"IKD ini menurut kami sangat memudahkan warga dalam mengakses identitas kependudukan secara digital. Kemana-mana sekarang bisa diakses lewat Smartphone tanpa bawa KTP/KK secara fisik. Alhamdulillah kami sudah meminta operator untuk menerapkan IKD ini ke seluruh warga Sidokare. Kami siap melayani," tutur Kades Imam.

(Pelatihan Aktivasi IKD oleh Disdukcapil bagi desa/kelurahan se Kabupaten Nganjuk, pada Kamis (2/11/2023))

Sementara itu, operator IKD Desa Sidokare, Supriono, menyatakan kesiapan Pemerintah Desa Sidokare untuk pelayanan aktivasi IKD berbasis desa kepada seluruh warga desa yang dia dapatkan dari pelatihan yang digelar oleh Dispendukcapil Kabupaten Nganjuk.

Dirinya lantas mengimbau masyarakat yang ingin mengaktifkan layanan IKD untuk dapat datang langsung ke kantor Desa Sidokare di hari kerja yakni Senin hingga Jum'at pukul 08.00 WIB - 12.00 WIB.

"Kami Pemerintah Desa Sidokare siap melayani warga untuk mengaktifkan Identitas Kependudukan Digitalnya. Warga cukup datang ke kantor desa dengan membawa Smartphone Android. Spesifikasinya minimal android versi 8 dan memiliki email aktif. Jika sudah memenuhi hal itu maka IKD sudah bisa diaktifkan," ucap Supriono.

Perlu diketahui, Identitas Kependudukan Digital merupakan versi digital dari dokumen identitas kependudukan yang dapat diakses secara online melalui Aplikasi Identitas Kependudukan Digital yang telah tersedia di Playstore. Fitur dari aplikasi IKD sementara terdapat beberapa dokumen yang dapat diakses seperti KTP Digital, KK Digital, KIS Digital, NPWP (Nomor Pokok Wajib Pajak) dan BPJS Ketenagakerjaan.

Identitas digital ini telah diatur dalam Peraturan Menteri Dalam Negeri (Permendagri) No. 72 tahun 2022 tentang standar dan spesifikasi perangkat keras, perangkat lunak, dan blanko KTP-El, serta penyelenggaraan identitas kependudukan digital.

0 Komentar