Pembagian Paket Sembako Kepada Balita Stunting di Loceret Bersama PT. Indomarco dan Bappeda Nganjuk

Target nasional pada tahun 2024, prevalensi stunting turun hingga 14%.

Nganjuk, PING- PT. Indomarco Pristama gandeng Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Nganjuk membagikan paket sembako kepada balita stunting dalam rangka upaya percepatan penurunan stunting di Kabupaten Nganjuk di Pendopo Kecamatan Loceret, Senin (27/11/2023) pagi.

Percepatan penurunan stunting pada balita adalah program prioritas Negara Indonesia sebagaimana termaktub dalam RPJMN 2020-2024. Target nasional pada tahun 2024, prevalensi stunting turun hingga 14%.

Dalam arahanya, Sekretaris Badan Perencanaan dan Pembangunan Daerah, Ida Shobihatin, menjelaskan bahwa pihaknya hadir di Kecamatan Loceret dalam rangka penyaluran bantuan sembako yang didistribusikan oleh PT. Indomarco Pristama. Mengingat stunting itu penting mulai di tingkat pusat, provinsi maupun kabupaten, kecamatan bahkan sampai tingkat desa.

Pemerintah Kabupaten Nganjuk juga telah membentuk Tim Percepatan Penurunan Stunting atau TPPS. Pada tingkat kabupaten, Bappeda mewakili Pemerintah Kabupaten Nganjuk sebagai TPPS.

“Harapan dari Pemerintah Kabupaten Nganjuk di tahun ini, stunting di Nganjuk menurun sampai 14% untuk tahun berikutnya dapat terus menurun sehingga stunting di Indonesia mencapai 0% kasus stunting," jelas Ida.

"Kami Pemerintah Kabupaten Nganjuk menargetkan beberapa hal, termasuk kegiatan hari ini yaitu pembagian sembako atau bantuan pangan kepada bapak/ibu. Ini menjadi upaya kita semuanya agar penurunan stunting di Kecamatan Loceret dan Kabupaten Nganjuk benar-benar turun,” ungkap Sekdin Bappeda.

Dalam pendanaan kegiatan penyaluran sembako stunting, Bappeda bekerjasama dengan PT.Indomarco sebagai bentuk dari Corporate Sosial Responsibility (CSR) atau rasa tanggung jawab kepedulian perusahaan, sebagian dari keuntungan perusahaan dikembalikan kepada masyarakat.

Sementara itu, Camat Loceret, Sukirno, menyampaikan rasa terima kasih dan selamat datang kepada Bappeda dan perwakilan PT. Indomarco yang telah memberikan bantuan sembako di hadiri oleh 12 orang. "Mudah-mudahan dapat membantu dan bermanfaat sehingga stunting di Kecamatan Loceret terus berkurang," harap Camat Loceret.

"Semoga kegiatan pembagian paket sembako kepada balita stunting ini memberikan barokah dan nikmat, khususnya bagi masyarakat Loceret. Kami akan memberikan pelayanan yang terbaik kepada masyarakat, salah satunya bentuk kegiatan nyata yang dilaksanakan pada hari ini,” ungkapnya.

Sukirno juga berharap support atau dukungan dari Pemerintah Kabupaten Nganjuk dan TPPS secara kontinyu, sehingga akselerasi ini memberikan dampak penurunan stunting yang pesat khusunya di Kecamatan Loceret.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut perwakilan Dinas PPKB, Bappeda, perwakilan Bappeda, Kapolsek, Kodim, Forkopimcam Loceret dan Kepala Puskesmas Loceret sebagai Tim TPPS.

Sebagai informasi bahwa kegiatan serupa juga dilaksanakan secara beruntun di Kecamatan Pace dan Tanjunganom. Dan kegiatan ini akan terus dilaksanakan di beberapa wialayah kecamatan lainnya.

(RL/BY/YS)

0 Komentar