Pastikan Stok dan Harga Bapok di Jawa Timur Aman Stabil, Gubernur Khofifah Sidak Pasar Wage Nganjuk

Harga Kebutuhan Bahan Pokok Masih Terjangkau oleh Masyarakat Nganjuk dan Stoknya Aman

Nganjuk, PING- Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa terus memastikan harga bahan pokok (bapok) di seluruh wilayah Jawa Timur tetap stabil dan stoknya aman jelang perayaan Hari Raya Idul Fitri dan libur lebaran.

Setelah sebelumnya meninjau Pasar Kolpajung Kabupaten Pamekasan, kali ini Gubernur Khofifah berkesempatan meninjau  Pasar Wage Kabupaten Nganjuk, Rabu (5/4/2023).

Didampingi Plt Bupati Nganjuk Marhaen Djumadi, Gubernur Khofifah melakukan sidak pasar diawali dengan peninjauan di kios-kios para pedagang beras, daging sapi, daging ayam, dan telur. Dilanjutkan di kios pedagang cabai sampai bawang merah dan bawang putih. Gubernur Khofifah juga sempat membeli dan berdialog dengan penjual serta bersapa langsung dengan pembeli.

Baca Juga : Pastikan Stok dan Harga Stabil, Kang Marhaen Terjun Langsung Ikuti Operasi Pasar Beras

"Saya memang keliling ke berbagai pasar di Jawa timur karena saya ingin memastikan stok kebutuhan bahan pokok tetap aman. Kalau stoknya aman maka berikutnya proses distribusi sampai ke konsumen juga aman," tutur Gubernur Khofifah.

Gubernur Khofifah menyampaikan bahwa daya beli masyarakat di Kabupaten Nganjuk masih terjangkau. Terbukti dari hasil sidak pasar hari ini bahwa untuk harga daging dengan HET (Harga Eceran Tertinggi) 140 ribu rupiah di Pasar Wage dijual dengan harga 115 ribu rupiah. Daging ayam potong HET nya 36 ribu rupiah sampai dengan 37 ribu rupiah namun di Pasar Wage dijual dengan harga 29 ribu hingga 30 ribu rupiah. Sedangkan telur HET nya 27 ribu sampai 28 ribu rupiah di Pasar Wage dijual dengan harga 26 ribu rupiah. Untuk komoditas lain tutur Gubernur Khofifah seperti cabai, bawang merah dan bawang putih mengalami penurunan harga. 

"Alhamdulillah di Pasar Wage Nganjuk harga kebutuhan pokoknya masih dibawah HET artinya masih terjangkau bagi pembeli atau masyarakat," ungkapnya.

Baca Juga : Stabilkan Harga, Disperindag Gelar Operasi Pasar Minyak Goreng “Minyak Kita”

Dalam berbagai sidak pasar yang dilakukan Gubernur Khofifah, ia melihat bahwa ada hal kesamaan Pasar Wage dengan Pasar Kolpajung-Pamekasan yakni menjual beras premium. "Di Pasar Wage Nganjuk ini menjual beras premium. Saya harapkan kepada Pak Bupati bahwa ada beras medium yang dijual di Pasar Wage ini.  Kalau beras premium harganya tentu masih 12ribu ke atas tapi kalau beras medium rata-rata 10.400 an jadi supaya nanti bisa lebih terjangkau oleh masyarakat," terang Mantan Mensos itu.

Meski pada minggu ke 1-2 Ramadhan ada kecenderungan penurunan permintaan namun ungkap Gubernur Khofifah nanti pada minggu ke 4 Ramadhan akan ada kenaikan permintaan lagi. 

"Saya ingin menyampaikan menjelang Idul Fitri, cuti bersama liburan Idul Fitri insyaallah pasar di Jawa Timur ini stok bahan kebutuhan pokok aman, supply-nya lancar, distribusi ke konsumen lancar, harga-harga stabil cukup banyak yang harganya mengalami penurunan. Saya harap masyarakat dapat menyambut Idul Fitri dengan keterjangukauan daya beli mereka sehingga menyambut Idul Fitri dengan suka cita," pungkasnya.

Sementara itu Kang Marhaen dalam sambutannya mewakili masyarakat Kabupaten Nganjuk mengucapkan terimakasihnya atas sidak pasar pada hari ini di Pasar Wage Nganjuk. 
"Alhamdulillah selamat datang di Kabupaten Nganjuk, kami atas nama masyarakat Kabupaten Nganjuk mengucapkan terima kasih khususnya para pedagang pasar," ucap Kang Marhaen.

Baca Juga : Harga Bahan Pokok Tidak Sesuai HET, Disperindag dan Bulog Adakan Operasi Pasar Beras Medium

Kang Marhaen juga memastikan stok kebutuhan bahan pokok di Kota Bayu aman dan harganya juga relatif terkendali. "Hari ini Ibu Gubernur sidak langsung ke Pasar Wage dan alhamdulillah disini harganya juga relatif terkendali stok juga aman," tutur Kang Marhaen.

Dirinya mengaku selalu berkoordinasi dengan kepala daerah se Jawa Timur tentang ketersediaan bahan pangan selama Ramadhan hingga Idul Fitri dan libur lebaran. Dan untuk beras medium Kang Marhaen akan segera menindaklanjuti instruksi Gubernur Jatim. "Kita sudah koordinasi dengan kepala daerah seluruh Jawa Timur bahwa stok bahan pangan aman. Terkait beras medium nanti kita akan tindak lanjuti harga minyak juga stabil kita selalu pantau terus pergerakan dari minggu ke minggu," tutup Kang Marhaen.

(AL/YOS/NR)

0 Komentar