Optimis Tingkatkan PAD Nganjuk, Perumda Aneka Usaha Lelang Hasil Perkebunan Cengkeh

Dalam rangka panen cengkeh tahun 2022

NGANJUK,PING - Perusahaan Umum Daerah (Perumda) Aneka Usaha terus berupaya dalam meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD) Kabupaten Nganjuk. Salah satu upaya yang dilakukan adalah dengan melelang hasil komoditas cengkeh dari unit perkebunan yang dikelolanya.

Hal tersebut disampaikan oleh Direktur Pemasaran dan Produksi Perumda Aneka Usaha Nganjuk, Deny Ismayanti, S.Si, usai melaksanakan proses lelang cengkeh tahun 2022 di Aula Pertemuan Hotel Karya Wisata Sanggrahan, Kecamatan Sawahan pada Kamis (16/6/2022).

Deny Ismayanti, menyampaikan saat ini Perumda Aneka Usaha mengelola lahan perkebunan total seluas  23 hektar yang tersebar di dua lokasi Sawahan dan Ngetos.

“Sepuluh hektar yang belum dikelola masih berupa bukit dan lahan kosong, kedepan akan kami usahakan menjadi lahan produktif juga,” tegasnya.

Dalam penjelasannya, Deny Ismayanti menyampaikan bahwa proses lelang telah dilaksanakan dan diikuti oleh 14 peserta, namun belum menyentuh taksasi atau taksiran harga barang terendah yang telah ditetapkan. 

“Hal itu berdasarkan hasil estimasi tonase yang dilakukan oleh Dinas Pertanian Kabupaten Nganjuk,” jelasnya.  

Menambahkan, Deny Ismayanti menyebut hasil tonase jumlah panen dimasing-masing lahan perkebunan yang dikelola oleh Perumda. Pertama, perkebunan di Sawahan sekitar 10 ton dengan kondisi basah.

“Sementara untuk yang di Perkebunan Ngetos ditaksasi sekitar 14,5 ton basah,” bebernya sembari menyebut harga yang ditetapkan sesuai dengan harga pasar saat ini.

Selanjutnya, Deny Ismayanti berharap melalui lelang cengkeh ini bisa mendapatkan harga yang telah ditetapkan sesuai dengan estimasi tonase yang diperoleh.  Dengan rincian estimasi hasil jual cengkeh di perkebunan Sawahan senilai Rp. 151.169.850, dan untuk di wilayah Ngetos senilai Rp.276.619.988.

“Tujuan utama lelang adalah wajib menyentuh harga terendah yang telah ditentukan. Lelang saat ini belum berhasil karena penawaran tertinggi dari peserta lelang masih jauh dibawah standar,” pungkasnya sembari menyebut pihaknya masih mempertimbangkan untuk langkah selanjutnya. 

Perwakilan Asisten Ekbang Kab. Nganjuk menghadiri acara lelang cengkeh yang diselenggarakan Perumda Aneka Usaha

Sebagai informasi, Kegiatan lelang tersebut dihadiri Perwakilan Asisten Perekonomian dan Pembangunan Daerah Kabupaten Nganjuk, Direktur Utama didampingi Dewan Pengawas Perumda Aneka Usaha.

(ZK/ALPH/NR)

BACA JUGA:

Tingkatkan Kinerja Karyawan, Ini yang Dilakukan Perumda Aneka Usaha

0 Komentar