Nikmatnya Sajian Kuliner Khas Kota Bayu, Sayur Usik dan Sate Kenul

Terbuat dari bahan dasar kelapa

Nganjuk, PING – Nasi sayur usik dan sate kenul, tentunya tidak asing lagi bagi masyarakat Kota Bayu. Ya, makanan khas yang terbuat dari kelapa tersebut menjadi menu andalan di warung makan Mbak Ni yang terletak tepat di sebelah Timur balai Desa Lumpang Kuwik, Kecamatan Jatikalen, Kabupaten Nganjuk.

Warung makan yang sudah dirintis sejak tahun 1993 ini buka setiap hari mulai pukul 07.00 WIB hingga 19.00 WIB. “Hampir setiap hari buka, tapi kadang-kadang hari Minggu istirahat,” tutur Suparni pemilik warung makan ‘Mbak Ni’ kepada PING Sabtu (4/2/2023).

Dahulu, nasi sayur usik dan sate kenul ini hanya dihidangkan pada saat hajatan atau acara-acara besar saja. Tapi kini masyarakat dapat menikmati makanan bersantan ini kapan saja. Harganya pun tidak menguras kantong yakni hanya dua puluh ribu rupiah saja untuk satu porsi nasi sayur usik dan dua sate kenul. “Dua puluh tiga ribu rupiah kalau tambah satu gelas teh hangat,” tambahnya. 

Warung sayur usik dan sate kenul 'Mbak Ni' berada di sebelah Timur balai Desa Lumpang Kuwik, Kecamatan Jatikalen. 

Setiap hari warung makan ‘Mbak Ni’ ramai dikunjungi pembeli, bahkan banyak yang berasal dari luar kota datang membeli nasi sayur usik dan sate kenul. Ada yang berasal dari Jombang, Surabaya, Kediri bahkan luar Jawa Timur. “Biasanya setelah Hari Raya Lebaran atau libur panjang, orang-orang yang mudik ke Nganjuk mampir kesini,” bebernya.

Sebagai informasi, sayur usik ‘Mbak Ni’ ini merupakan sajian kuliner yang terbuat dari tulang, jeroan, kepala serta kikil kambing yang diberi kuah santan dan daun kedondong. Namun jangan bingung membedakan antara sayur usik khas Kota Angin ini dengan sayur usik di daerah lainnya.

“Perbedaannya ada pada rasanya yang lebih segar, asam dan pedas. Jadi, cocok buat pecinta kuliner pedas di Nganjuk,” pungkas Suparni.

Sedangkan sate kenul, merupakan sajian kuliner yang berbentuk bulat dan ditusuk pakai lidi. Bulatan tersebut merupakan daging sapi yang diberi kelapa. “Dinamakan sate kenul karena pembuatannya ‘dienul-enul’ atau dikepal-kepal,” imbuhnya sembari menyebut harga per/biji sate kenul di warungnya yakni Rp. 2.500, - saja. 

Perlu diketahui, selain menu andalan sayur usik dan sate kenul warung makan 'Mbak Ni' juga menyajikan menu-menu masakan lainnya antara lain sayur rawon, sayur asam, sayur lodeh dan berbagai macam lauk-pauk lainnya. 

0 Komentar