Momen Idul Adha 2023, Lima Menu Olahan Daging yang Bisa Jadi Pilihan Bunda

Dijamin bikin keluarga makan lebih lahap

Nganjuk, PING- Momen Idul Adha, sudah menjadi agenda tahunan bagi umat Islam khususnya di Indonesia untuk menerima daging qurban baik dari lingkungan Musholla maupun lingkungan Masjid.

Namun demikian, hal itu terkadang membuat para bunda kebingungan harus mengolah daging qurban tersebut baik daging sapi maupun daging kambing supaya menjadi olahan yang lezat dan memikat lidah keluarga tercinta.

Dengan olahan daging kambing dan sapi ini diharapkan bisa membuat suasana Idul Adha di tahun 2023 akan semakin terasa melekat di hati.

Sobat pinger jangan bingung, ini dia 5 ide olahan daging qurban saat momen Idul Adha 2023 yang bisa bunda dicoba:

Baca Juga : Jelang Idul Adha, Ini Langkah Preventif Disperta Nganjuk Antisipasi Penyebaran PMK dan LSD

1. Tongseng Sapi Goreng

Ide olahan daging qurban pertama adalah tongseng sapi goreng. Menu makanan ini bisa dicoba jika menerima daging sapi. Pengolahan dari tongseng daging sapi ini juga terbilang mudah. Beberapa resep yang dibutuhkan adalah cabe merah, daging sapi, kol, lada bubuk dan garam.

Cara mengolahnya pun juga mudah yaitu tumis bumbu yang sudah ada, lalu masukan daging hingga setengah matang dan oleskan dengan cabe rawit.

Lalu masukan kembali daging hingga benar - benar empuk kemudian tiriskan dan tongseng sapi goreng siap untuk disajikan.

2. Rawon

Olahan daging qurban selanjutnya adalah rawon yang merupakan sup daging sapi berkuah hitam dan cocok jika ditambah dengan nasi putih yang hangat. Rawon bisa dibuat di rumah dengan daging sapi sebagai olahan utama lalu dipotong dengan ukuran yang kecil.

Kemudian ditambah dengan bumbu-bumbu seperti bawang merah, bawang putih, lengkuas, ketumbar, garam, cabai dan minyak nabati.

Semua bumbu diatas dicampur dan dihaluskan lalu dimasukkan kedalam sup bersama daging sapi yang telah dipotong kecil-kecil.

Kemudian, jika sudah matang rawon bisa disajikan dengan nasi hangat dan kerupuk untuk menambah kenikmatan.

Baca Juga : Nikmatnya Sajian Kuliner Khas Kota Bayu, Sayur Usik dan Sate Kenul

3. Sate

Olahan daging selanjutnya adalah sate yang bisa menggunakan daging sapi ataupun kambing. Dalam olahan sate ini, daging sapi ataupun kambing dipotong kecil-kecil lalu dibaluri dengan bumbu rempah-rempah.

Kemudian, daging yang telah dipotong kecil-kecil itu ditusuk dengan lidi kemudian dibakar diatas arang hingga matang.

Setelah matang , sate bisa disajikan dengan nasi hangat dan sambal untuk menggugah selera saat makan.

4. Semur Sapi

Olahan daging qurban selanjutnya adalah semur sapi yang diolah dengan kuah coklat.

Adapun kuah coklat tersebut terdiri dari bahan-bahan berupa kecap manis, bawang merah dan Bombay, cengkeh dan pala.

Tak lupa kecap manis untuk menambah rasa nikmat dalam olahan semur sapi plus kentang dan bisa disajikan dengan tambahan telur dan ikan dan bahan-bahan lainya.

5. Sop Daging

Olahan daging qurban selanjutnya adalan sop daging yang disajikan dalam kondisi berkuah dari kaldu yang di panaskan.

Lalu daging qurban dimasukan ke dalam kuah panas tersebut sampai mendidih, lalu diberikan tambahan bumbu agar kuah dan daging itu terasa nikmat saat dimakan.

Demikian 5 ide menu olahan daging qurban, semoga bisa jadi inspirasi bunda di rumah menyajikan menu istimewa di momen Idul Adha kali ini. Selamat mencoba..!

sumber diolah dari : mengerti.id

sumber foto : insiden24.com

0 Komentar