Momen HUT TNI ke-78, TNI Siap Kawal Pemilu 2024

Jaga NKRI, jaga kepercayaan warga, junjung profesionalitas, loyalitas, dan tetap manunggal dengan masyarakat

Nganjuk, PING- Peringatan Hari Ulang Tahun Tentara Nasional Indonesia ke-78 di wilayah Kabupaten Nganjuk, dilaksakanan di depan Kantor Kodim 0810 Nganjuk, Kamis (5/10/2023). 

Komandan Kodim (Dandim) 0810/Nganjuk, Letkol Inf Tri Joko Purnomo, sebagai inspektur upacara menyampaikan amanat dari Panglima TNI, Laksamana TNI Yudo Margono. TNI telah hadir dan menjalankan amanah sebagai garda terdepan sekaligus benteng terakhir NKRI selama 78 tahun. Berbagai ancaman, gangguan, hambatan, dan tantangan terhadap kedaulatan negara, keutuhan wilayah, serta keselamatan segenap bangsa dan tumpah darah telah berhasil diatasi dengan baik.

"Peringatan tahun ini mengusung tema, 'TNI Patriot NKRI: Pengawal Demokrasi untuk Indonesia Maju' yang mengandung makna bahwa kekuatan TNI sebagai komponen pertahanan negara berkomitmen untuk bersinergi dengan seluruh komponen bangsa lainnya dalam mengawal demokrasi untuk mewujudkan Indonesia yang berdaulat, mandiri, dan sejahtera. Tema ini diangkat karena tantangan yang akan dihadapi dalam waktu dekat ini, yakni terkait pesta demokrasi pemilihan umum serentak, dimana akan dilakukan pemilihan di 548 daerah yaitu 38 provinsi, 415 kabupaten, dan 98 kota madya," ungkapnya.

TNI berkomitmen dalam menjaga keamanan dan kelancaran pemilu 2024 agar berlangsung dengan aman, damai, dan tertib. Terutama situasi geopolitik dan ekonomi yang dipenuhi dengan ketidakpastian, akibat konflik di berbagai belahan dunia. Selain itu, penguatan budaya harus tetap menjadi pagar pertahanan yaitu TNI yang semakin profesional dan manunggal dengan rakyat.

"Pertama, tingkatkan terus keimanan dan ketaqwaan sebagai landasan mental pada setiap pelaksanaan tugas. Kedua, pegang teguh amanat Sapta Marga, Sumpah Prajurit, dan 8 Wajib Prajurit TNI, jaga kemanunggalan dan kepercayaan masyarakat. Ketiga, laksanakan komitmen netralitas TNI, ikuti peraturan, pedoman, dan perintah yang telah diberikan terkait cara bersikap serta bertindak dalam tahapan pesta demokrasi lima tahunan ini. Keempat, jalin komunikasi kerjasama dengan POLRI, kementerian, lembaga, dan komponen lainnya demi tercapainya stabilitas yang aman. Kelima, jaga nama baik di manapun berada selalu ingat bahwa tindakan sekecil apapun akan berdampak pada institusi TNI secara umum," tegas Joko.

Pj. Bupati Nganjuk, Sri Handoko Taruna, turut memberikan ucapan selamat kepada seluruh keluarga besar TNI yang genap berusia 78 tahun. Handoko mengapresiasi kesuksesan serta prestasi TNI dalam menjaga pertahanan NKRI dan jiwa kemanunggalannya kepada masyarakat. "Selamat HUT TNI ke-78. Hal ini menunjukkan sinergitas yang luar biasa dari TNI Indonesia, semoga TNI semakin jaya."

Peringatan HUT TNI ke-78 juga dimeriahkan dengan pertunjukan pencak silat oleh organisasi IPSI Nganjuk, pemotongan tumpeng oleh Dandim 0810/Nganjuk, penganugerahan tanda kehormatan RI berdasarkan keputusan Presiden RI kepada 3 prajurit TNI, serta penyerahan penghargaan kepada para pemenang lomba karya tulis dan fotografi kategori TNI yang diikuti masyarakat dan pelajar dalam rangka HUT TNI ke-78.

Daftar nama penerima penganugerahan tanda kehormatan RI, sebagai berikut :

1. Bintang Kartika Eka Paksi Nararya, diberikan kepada Sersan Mayor Agus Sujoko,
2. Satya Lencana Kesetiaan 24 tahun, diberikan kepada Sersan Kepala Suminto,
3. Satya Lencana Kesetiaan 16 tahun, diberikan kepada Sersan Mayor Aziz Nur Majid.

Daftar nama pemenang lomba Karya Tulis dan Fotografi, sebagai berikut :

 

(Zk/Yos)

0 Komentar