Momen HPS ke-43, Pj. Ketua TP PKK Nganjuk Ajak Masyarakat Kota Angin Wujudkan Kedaulatan Pangan

Dengan Bijak Manfaatkan Air secara Baik dan Efisien

Surabaya, PING - Penjabat (Pj) Ketua I TP PKK Kabupaten Nganjuk, Eka Hariyati Taruna bersama Kepala Dinas KPP Kabupaten Nganjuk, Jusuf Satrio Wibowo menghadiri peringatan Hari Pangan Sedunia (HPS) tahun 2023 yang diselenggarakan oleh Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Provinsi Jawa Timur di Kawasan Jatim Expo Convention & Exhibition Surabaya, pada Rabu (15/11/2023).

Dengan mengusung tema "Water is Life, Water is Food. Leave No One Behind", peringatan HPS ke-43 itu dibuka langsung oleh Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa, ditandai dengan menekan sirine dan pemotongan pita. 

Dalam arahannya, Gubernur Khofifah menyampaikan, isu krisis air merupakan salah satu ancaman terbesar bagi ketahanan pangan. Hal ini sesuai dengan tema HPS ke-43 "Water is Life, Water is Food. Leave No One Behind” yang artinya Air adalah Kehidupan, Air adalah Makanan. Jangan tinggalkan siapapun. 

“Oleh karena itu mari kita jadikan Tema Hari Pangan Sedunia tahun 2023 ini sebagai pengingat bahwa pentingnya pengelolaan air secara bijaksana,” ujar Gubernur Khofifah.

“Atas dasar tema ini juga, kita memfokuskan pada pembangunan ketahanan pangan dengan memperhatikan kondisi real yang ada di Jawa Timur serta sebagai bentuk peringatan dan antisipasi terhadap terjadinya krisis pangan,” tambahnya.

Sementara itu, pada saat mengunjungi stand Dinas KPP Kabupaten Nganjuk, Pj. Ketua I TP PKK Kabupaten Nganjuk, Eka Hariyati Taruna turut mengapresiasi kegiatan tersebut. 

Hal senada juga diungkapkan Pj. Ketua TP PKK Nganjuk. Menurutnya, perlunya penggunaan air yang tepat dan efisien dalam pemanfaatannya. 

“Karena hal itu, sebagai bagian upaya kita dalam wujudkan kedaulatan pangan. Khususnya di Kabupaten Nganjuk sendiri. Saya yakin Kabupaten Nganjuk semakin maju dan the best pokoknya terkait hal tersebut,” pungkasnya. 

Adapun serangkaian kegiatan HPS ke-43 di Jawa Timur, dikemas dengan lomba cipta menu makanan dan pameran UMKM hasil Dinas KPP Kota/ Kabupaten se Jawa Timur sebagai upaya untuk menciptakan pangan lokal aman dan sehat. (Hs/Nr/Bgs) 

0 Komentar