Meriahkan HKN ke-59, Sekda Nur Solekan Resmikan Inovasi Pondasi Ibu Lima Pilar dan Gebres

Sebagai Transformasi Kesehatan di Kota Angin

Nganjuk, PING- Meriahkan puncak peringatan Hari Kesehatan Nasional (HKN) tahun 2023, Dinas Kesehatan melalui Puskesmas Nganjuk menggelar jambore kader kesehatan yang diikuti oleh ibu-ibu kader se Kecamatan Nganjuk.

Peringatan HKN ke-59 tersebut, ditandai dengan di-launchingnya inovasi podasi ibu lima pilar dan gerakan berantas tuberkulosis (Gebres) oleh Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Nganjuk, Nur Solekan dengan penandatanganan prasasti dan pelepasan balon di Taman Pandan Wilis Nganjuk, Selasa (07/11/2023).

"Ini memang kegiatan pertama kali di Kabupaten Nganjuk, tentunya kedepan kami akan menjadwalkannya agar di puskesmas lainnya juga menggelar kegiatan serupa," tandasnya.

Dengan mengusung tema, 'Transformasi Kesehatan Untuk Menuju Indonesia Maju' tersebut, Nur Solekan mendorong insan kesehatan Kabupaten Nganjuk agar mempersiapkan diri dalam meningkatkan pelayanan, sarana dan prasaran menuju indonesia maju sesuai arahan dari Presiden RI.

Tak hanya itu, Nur Solekan juga menyampaikan ada enam pilar dalam transformasi kesehatan tersebut. Diantaranya ialah transformasi pelayanan primer, transformasi layanan rujukan, transformasi sistem ketahanan kesehatan, transformasi sistem pembiayaan kesehatan, transformasi sumber daya kesehatan dan transformasi teknologi kesehatan.

Baca Juga : Cegah Stunting, Dinkes Nganjuk Gencar Sosialisasikan Pentingnya Nutrisi Pada Makanan

"Semuanya merujuk pada transformasi kesehatan. Artinya, ada perubahan yang cukup signifikan yang harus dilakukan oleh seluruh jajaran kesehatan di Kabupaten Nganjuk," ungkapnya.

Untuk itu, Sekda Nur Solekan mendorong seluruh jajaran kesehatan yang ada di Kota Angin agar menyiapkan diri sebaik mungkin dalam rangka menangani berbagai kasus kesehatan. Seperti menurunkan angka stunting kemudiam menjaga angka kematian ibu dan anak dan lain sebagainya.

Yang mana hal tersebut, diwujudkan oleh Puskesmas Nganjuk ini melalui launching inovasi podasi ibu lima pilar dan Gebres (gerakan berantas tuberkulosis).

Baca Juga : Dinkes Nganjuk Ajak Pelaku Usaha Kuliner Membuat SLHS Untuk Keamanan dan Kualitas Pangan

"Melalui inovasi inilah, kita akan mendorong Puskesmas Nganjuk di tahun 2024 nanti agar mengikuti penilaian Top 99. Inovasi yang digagas oleh Kementerian PAN dan RB," pungkasnya.

Atas berlangsungnya jambore ini, Nur Solekan berharap para kader yang sudah mengabdikan dirinya bisa lebih termotivasi lagi dalam meningkatkan pelayanan kesehatan untuk masyarakat Kabupaten Nganjuk.

Adapun, pejabat yang hadir dalam jambore kader tersebut ialah Ketua Dharma Wanita Persatuan Nganjuk, Kepala Dinas LH Kabupaten Nganjuk, Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Nganjuk, Forpimcam Nganjuk dan Lurah se Kecamatan Nganjuk.

Baca Juga : Hari Dokter Nasional 2023: Kesehatan Milik Bersama

Di akhir acara, Sekda Nur Solekan juga berkesempatan menyerahkan penghargaan kepada para kader terlama yang telah mengabdi untuk kesehatan masyarakat serta pemberian bantuan kepada pasien TBC yang telah dinyatakan sembuh.(Hs/Ys/Rl)

0 Komentar