Menangkan LCCK KIM 2022, KIM Trengginas Ajak Masyarakat Desa Loceret Eksplor dan Melek Informasi

Agar Desa Loceret Semakin Maju dan Lebih Di kenal Masyarakat Luas

NGANJUK, PING - Kelompok Informasi Masyarakat (KIM) Trengginas Desa Loceret berhasil menyabet Juara 1 Lomba Cerdik Cermat Komunikatif (LCCK) 2022 se Kabupaten Nganjuk yang digelar Dinas Komunikasi dan Informasi (Diskominfo) Nganjuk mengalahkan semua KIM yang ada di desa seluruh Kabupaten Nganjuk. Sebagai juara, KIM Trengginas berkesempatan untuk berbagi cerita dan informasi seputar KIM Trengginas pada program acara Gapura Desa Beranda Kominfo 105,3 RSAL FM, Rabu(2/11/2022).

Hadir sebagai narasumber yakni Ibnu Aziz selaku Sekretaris Desa Loceret sekaligus ketua KIM Trengginas, Bahrul Sawabudin anggota KIM Trengginas serta Miftahul Jannah anggota KIM Trengginas.

Dijelaskan Aziz, bahwa KIM Trengginas merupakan sebuah kelompok informasi masyarakat yang dibentuk oleh Pemerintah Desa Loceret yang disahkan ke dalam Surat Keputusan (SK). Tujuan dibentuknya KIM ini dikatakan Aziz adalah untuk membagikan informasi mengenai kegiatan maupun program Desa Loceret melalui konten digital yaitu website. Nama Trengginas sendiri diambil dari motto Desa Loceret yakni 'Trengginas tanpa Miras, Juara tanpa Narkoba'.

Baca Juga : Diskominfo Kabupaten Nganjuk Gelar LCCK KIM 2022

Sejauh ini ungkap Aziz KIM Trengginas telah melakukan berbagai kegiatan seperti mendampingi kegiatan desa yakni musyawarah, pembinaan, pemberdayaan masyarakat desa dan masih banyak yang lainnya. "Saat ini kami masih aktif membagikan konten desa di website, rencananya dengan hadiah dari LCCK kemarin bisa kami alokasikan untuk pembelian peralatan seperti kamera dalam menunjang kemajuan KIM Trengginas dan Desa Loceret", paparnya.

Lebih lanjut Aziz membeberkan apa saja persiapan KIM Trengginas dalam menghadapi rivalnya yakni KIM Cempaka Rahayu (Desa Cepoko-Berbek) dan KIM Mandiri (Kelurahan Magundikaran-Nganjuk) dalam LCCK 2022 se Kabupaten Nganjuk pekan lalu. "Kami kan mendapat Technical Meeting (TM) dari Dinas Kominfo, nah apa yang ada itu kami persiapkan dan pelajari. Mulai dari kebutuhan di website dan lain sebagainya", ujarnya.

Dalam kesehariannya KIM Trengginas urai Aziz saling bekerjasama dalam pembuatan konten misalnya pembuatan berita. "Ada salah satu anggota kita yang menjadi guru paud, itu kami olah menjadi sebuah konten berita yang bisa dimuat di website Desa Loceret tentang pendidikan", tuturnya.

Dengan dicetuskannya Desa Loceret sebagai pilot project program pemerintah Kabupaten Nganjuk yakni Sapa Mama, maka Aziz selaku Ketua KIM Trengginas ingin mengajak anggotanya dan masyarakat dalam mengembangkan visi misi program Sapa Mama agar lebih optimal. "Hal ini dalam rangka untuk memajukan kaum perempuan, anak dan masyarakat marginal", urainya.

Kedepan Aziz menginginkan bahwa KIM Trengginas bertekad untuk semakin meng-eksplor Desa Loceret agar lebih dikenal luas oleh masyarakat Kabupaten Nganjuk. Misalnya dengan mengembangkan media sosial Desa Loceret. Serta mengajak masyarakat Desa Loceret untuk melek informasi mengenai desanya. "Karena jujur bagaimana agar desa kami itu bisa terkenal di luar itu yang menjadi harapan kami kedepannya", jelasnya.

Baca Juga : Tingkatkan Kapasitas Mandiri, APDI Jatim Gelar Pelatihan Bersama TPP Kabupaten Nganjuk

Sementara itu Bahrul dan Miftahul awal mula ikut menjadi anggota KIM Trengginas adalah karena ia juga termasuk anggota Karang Taruna Desa Loceret serta ada ajakan dari Pemdes Loceret untuk ikut bergabung maka mereka putuskan untuk bergabung didalamnya. "Awalnya saya menjadi anggota Karang Taruna Desa Loceret kemudian saya diajak oleh mas Aziz untuk bergabung dan dengan bimbingannya maka saya akhirnya paham apa itu KIM dan mantap untuk bergabung", beber Bahrul.

Dengan segala kesibukan masing-masing ungkap Mifta dirinya dan anggota lainnya selalu menyempatkan diri untuk berkumpul pada saat hari libur atau malam hari untuk sekadar bersilaturahmi atau membahas konten apa selanjutnya yang bisa dituangkan di website Desa Loceret.

"Kami sebagai anggota berharap KIM Trengginas kedepan bisa lebih maju, dikenal masyarat dan mampu membagikan informasi yang positif dan lebih baik lagi", pungkas Mifta.

0 Komentar