Maksimalkan GERTAK TUNDUK, Pj. Bupati Nganjuk Sinergikan Stakeholder Terkait

GERTAK TUNDUK: Gerakan Serentak Tuntaskan Adminduk Warga Nganjuk

Nganjuk, PING Pj. Bupati Nganjuk Sri Handoko Taruna mengajak seluruh stakeholder terkait untuk memaksimalkan pelaksanaan Gerakan Serentak Tuntaskan Adminduk Warga Nganjuk (GERTAK TUNDUK) yang akan dilaksanakan pada 20 November 2023 s/d 20 Desember 2023 nanti. Rapat persiapan tersebut dilaksanakan di Ruang Rapat Pringgitan, Selasa (14/11/2023).

Hadir dalam rapat mendampingi Pj. Bupati Nganjuk, Sekda Nganjuk bersama para Staf Ahli dan Asisten Bupati Nganjuk. Turut hadir, Kepala Perangkat Daerah Kab. Nganjuk terkait bersama Kepala BPS Kab. Nganjuk dan Pimpinan BPJS Kesehatan Kab. Nganjuk.

Untuk diketahui, pelaksanaan GERTAK TUNDUK merupakan tindak lanjut dari pelatihan aplikasi Sistem Perencanaan, Penganggaran, Analisis dan Evaluasi Kemiskinan Terpadu (SEPAKAT) BAPPENAS yang telah diselenggarakan Pemkab Nganjuk melalui Dinas Komunikasi dan Informatika pada 11 November 2023 s/d 12 November 2023 lalu.

GERTAK TUNDUK  adalah pelayanan dokumen kependudukan bagi warga yang belum memiliki dokumen kependudukan atau perlu dilakukan pembaruan, yang dilaksanakan oleh Tim Pemutakhiran Data Berbasis Desa dan Kelurahan yang melibatkan kecamatan, kelurahan dan Pemerintah Desa.

Manfaat dari pelaksanaan GERTAK TUNDUK yakni warga mendapatkan dokumen kependudukan serta Pemerintah memiliki data kependudukan yang mutakhir.

Dalam arahannya, Pj. Bupati Nganjuk Sri Handoko Taruna meminta kepada tim teknis untuk mengkonsultasikan pembentukan SK tim pelaksana GERTAK TUNDUK pada Inspektorat Daerah Kab. Nganjuk.

"Konsultasikan terlebih dahulu dengan Inspektorat terkait jumlah anggota tim dalam SK pelaksanaan," tuturnya.

Kemudian rapat dilanjutkan dengan diskusi dan paparan oleh Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kab. Nganjuk terkait kesiapannya dalam memproses meningkatnya permohonan adminduk online sebagai antisipasi dari GERTAK TUNDUK. Lalu dilanjutkan paparan oleh Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) dan BAPPEDA Kab. Nganjuk. (AL/KUR)

0 Komentar