Lolos Fact Finding Tingkat Nasional, Ramadhita Putra Purnomo Ikuti Seleksi Berikutnya

Optimis juara, Samsudin: menambah sederet prestasi pemuda pelopor Nganjuk

Nganjuk, PING- Ramadhita Putra Purnomo, Finalis Pemuda Pelopor Tingkat Nasional dari Kabupaten Nganjuk, akan menjalani tes wawancara dan pemaparan materi tentang kepeloporannya kepada dewan juri di tingkat nasional. Ramadhita akan menyampaikan tentang inovasi teknologi yang dia kembangkan dan tularkan kepada masyarakat di Desa Pandantoyo, Kecamatan Kertosono.

Tahap ini akan diikuti Ramadhita, usai dirinya dinyatakan lulus oleh dewan juri dan mengikuti penilaian lapangan atau Fact Finding dari Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) Republik Indonesia, pada 5 September 2023 lalu.

Hal ini disampaikan oleh Kepala Dinas Kepemudaan, Olahraga, Kebudayaan, dan Pariwisata (Disporabudpar) Nganjuk, Sri Handariningsih, melalui Kepala Bidang Pemuda dan Olahraga Disporabudpar Nganjuk, Samsudin, Sabtu (7/10/2023).

"Alhamdulillah pemuda pelopor kita bisa lolos dan masuk ke tahap seleksi berikutnya. Berdasarkan surat dari Kementerian Pemuda dan Olahraga, tanggal 6 Oktober 2023, kemarin. Ramadhita akan mengikuti tahap penjurian tingkat nasional setelah mengikuti Fact Finding lalu (5/10)," tuturnya.

Dari hasil penilaian Pemuda Pelopor Tingkat Nasional di 26 Provinsi, kata Samsudin, Ramadhita lulus dan terpilih masuk tiga besar. Ada juga dari Kabupaten Banyuwangi dan Kabupaten Sampang. "Selanjutnya, akan mengikuti rangkaian seleksi mulai tanggal 16 sampai dengan 19 Oktober 2023 di Hotel Ciputra Jakarta," bebernya.

Samsudin berharap, Ramadhita bisa lolos dan juara di tingkat nasional. Menjadi wakil dari Jawa Timur sekaligus juga membawa nama harum Kabupaten Nganjuk. "Mohon doa restu dan dukungan dari seluruh masyarakat Nganjuk. Semoga pemuda pelopor kita selalu diberikan kemudahan, kelancaran, dan dapat lolos terpilih menjadi pemuda pelopor terbaik tingkat nasional," harap Samsudin optimis.

"Abang Sayang atau arang brambang yang digunanakan untuk saring minyak menjadi terang (bening), inovasi teknologi dari Ramadhita, semoga bermanfaat untuk kita semua," imbuhnya.

Lolosnya Ramadhita ke tingkat nasional, nantinya, tambah Samsudin, akan menambah sederet prestasi Kabupaten Nganjuk di bidang kepeloporan pemuda. Pada tahun 2022, Yona Prasegi berhasil juara 1 nasional di bidang sumber daya alam lingkungan dan pariwisata.

"Selanjutnya, pada tahun 2021, dua pemuda pelopor Kabupaten Nganjuk juga berhasil meraih juara nasional, yakni R. Badar Alam, juara 2 nasional di bidang agama sosial dan budaya. Kemudian, Dimas Panji Anugroho, juara 3 Nasional di bidang sumber daya alam lingkungan dan pariwisata," pungkasnya.

0 Komentar