Launching Gebyar Nganjuk Berzakat 2023

Membangun kesadaran masyarakat untuk menjadikan zakat sebagai kebiasaan bersedekah/beramal kepada yang membutuhkan

Nganjuk, PING- Pemerintah Kabupaten Nganjuk bekerjasama dengan Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kabupaten Nganjuk menggelar Launching Nganjuk Gebyar Berzakat tahun 2023, ditandai dengan pemukulan gong oleh Bupati Nganjuk, Marhaen Djumadi, di Pendopo K.R.T. Sosro Koesoemo, Rabu (20/9/2023).

Turut hadir jajaran Forkopimda, Ketua DPRD Kabupaten Nganjuk, Kepala Kejari Nganjuk, Ketua Baznas Jawa Timur, Ketua Baznas Nganjuk, Ketua MUI Kabupaten Nganjuk, Kepala Kemenag Nganjuk, Ketua Tanfidziyah Nganjuk, Kepala OPD/Camat, Ketua FKUB Nganjuk, dan segenap tamu undangan.

Bupati Nganjuk menyambut positif atas gerakan Gebyar Nganjuk Berzakat tahun 2023 ini. Bagaimana membangun kesadaran berzakat yang bisa menjadi habit (kebiasaan) masyarakat dalam bersedekah/beramal/berzakat. "Alhamdulillah gebrakan komunikasi, koordinasi, dan kolaborasi berjalan. Maka, mari bersama- sama ikut berzakat," tuturnya.

Baznas merupakan mitra pemerintah yang menjadi ujung tombak inspirator bagi seluruh masyarakat dalam menumbuhkan kepedulian serta membantu sesama. Melalui Baznas, masyarakat dapat menyalurkan zakat, infak, dan shadaqah untuk membantu saudara yang lain yang membutuhkan termasuk kemiskinan.

Marhaen berharap, Baznas kedepan dapat terus menjadi lembaga non struktural yang konsen terhadap masalah sosial di Kabupaten Nganjuk. Juga kepada seluruh pengurus untuk lebih pro aktif me-rebranding Baznas. 

"Maka, Baznas terimakasih atas kinerjanya menghimpun zakat dari berbagai pihak untuk kembali disalurkan ke masyarakat termasuk adik adik yatim/piatu ini. Semoga apa yang kita ikhtiarkan bersama dapat memberikan manfaat bagi masyarakat Nganjuk," harap Kang Marhaen.

Lebih lanjut, Ketua Baznas Kabupaten Nganjuk, Dr. Zainal Arifin, menyampaikan rasa syukur dan terima kasihnya atas kehadiran segenap tamu undangan, khususnya anak yatim/piatu tersebut. "Alhamdulillah, kami atas nama pimpinan Baznas Kabupaten Nganjuk mengucapkan selamat datang atas hadirnya panjenengan semua merupakan kebanggaan kami. Semoga ini bisa mewujudkan Baznas ke depan lebih baik dan lebih bermanfaat," ucapnya. 

Dr. Zainal mengatakan, tujuan dari kegiatan Gebyar Nganjuk Berzakat ini adalah untuk membangun kepercayaan masyarakat dan membangun kesadaran para muzaki, dermawan, dan dermawati di Kabupaten Nganjuk.

"Kami bertekad dengan jajaran Baznas Nganjuk akhirnya membuat slogan Baznas Nganjuk APIK (Amanah, Profesional, Integritas, Akuntabel). Ini untuk mengetuk kesadaran bagi dermawan/i, muzaki bahwa ingat harta yang kita miliki adalah sebagiannya milik fakir miskin. Maka, dengan berzakat insyaallah hidup akan menjadi nikmat selamat dunia akhirat. Dengan sedekah hidup menjadi berkah Allah Maha pemurah, harta bapak/ibu melimpah ruah. Insya Allah dapat pergi ke Makkah Madinah..Aamiin," terangnya.

Dirinya juga berterimakasih kepada Forkopimda dan jajarannya yang telah memberikan dukungan sehingga terwujud kegiatan Gebyar Nganjuk Berzakat hari ini. "Kemudian juga para muzaki, relawan yang membantu kesuksesan kegiatan kita. Mohon maaf yang sebesar-besarnya apabila ada suatu hal yang kurang berkenan. Semoga Baznas Nganjuk terus menjadi mitra Pemkab Nganjuk dalam meringankan beban masyarakat kita yang membutuhkan," pungkasnya.

Untuk diketahui, sebelumnya Bupati Nganjuk berserta Ketua Baznas Nganjuk berkesempatan memberikan penghargaan kepada muzaki paling aktif berzakat (Bapak Pardi), OPD paling sadar zakat (Dinas Koperasi dan Usaha Mikro), umzi teladan (inspektorat), pimpinan daerah penggerak Baznas (Bupati Nganjuk). (Yos/Cs)

0 Komentar