Keren! 45 Lansia Kelurahan Jatirejo Diwisuda, Tertua Umur 90 Tahun

Yuni Marhaen, Ketua TP PKK Kabupaten Nganjuk sampaikan selamat dan bangga kepada para lansia

Nganjuk, PING- Sebanyak 45 wisudawan-wisudawati Sekolah Lansia Tangguh (Selantang) 'Bina Lansia' Angkatan Pertama di Sekolah Lansia Kelurahan Jatirejo, Kecamatan Nganjuk, diwisuda di Pendopo Kelurahan Jatirejo, Kamis (22/6/2023).

Piagam kelulusan diserahkan langsung oleh Ketua TP PKK Kabupaten Nganjuk, Yuni Marhaen kepada para lulusan Sekolah Lansia Tangguh Kelurahan Jatirejo. Dengan penuh kegembiraan, senyum lansia menghiasi jalannya prosesi wisuda.

“Selamat nggeh ibuk (lansia)? Sehat selalu nggeh, semangat terus, hati-hati,” ucap Yuni Marhaen saat menyerahkan piagam kelulusan kepada wisudawati tertua, Ibu Muntamah (90 tahun). “Nggeh bu?,” jawab Muntamah dengan senyuman.

Yuni Marhaen, Ketua TP PKK Nganjuk, merasa bangga dan senang melihat para lanjut usia penuh semangat mengikuti wisuda. Mereka (lansia) semangat mengikuti pendidikan sekolah lansia tangguh sampai lulus. “Kita yang muda harus juga lebih semangat,” ucapnya di sela pemberian piagam kelulusan (wisuda) sekoah lansia.

Wisuda lansia juga dihadiri oleh Sekretaris BKKBN Jawa Timur Nyigit Wudi Amini, Bupati Nganjuk, Marhaen Djumadi, Ketua Dinas PPKB Nganjuk Widyasti Sidhartini, Camat Nganjuk Hari Moektiono, Perwakilan Dinas Kesehatan, IDI, PDGI. Hadir juga Forpimcam Kecamatan Nganjuk, Ketua PKK Kecamatan Nganjuk, Lurah Jatirejo, Kader PKK Kecamatan, dan Kader PKK Kelurahan Jatirejo.

Baca Juga: Kang Marhaen Wisuda 45 Lulusan Selantang Sekaligus Resmikan SOTH di Kelurahan Jatirejo

Dalam prosesi wisuda tersebut, Dyah Sulistiani dianugerahi sebagai wisudawati terbaik I, Subyantoro sebagai wisudawan terbaik II, dan Muntamah sebagai wisudawati lulusan tertua dengan usia 90 tahun.

Nyigit Wudi Amini, selaku Sekretaris BKKBN Jawa Timur menyampaikan apresiasinya kepada jajaran Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Nganjuk, Kader PKK Kabupaten sampai tingkat Kelurahan. Sukses dalam menyelenggarakan sekolah lanjut usia.

Status kesehatan dan kondisi kesejahteraan Kabupaten Nganjuk luar biasa, kata Nyigit Wudi Amini, terbukti di Nganjuk angka harapan hidupnya lebih dari 70 tahun, lebih tinggi dari angka harapan hidup Jawa Timur di angka usia 69 tahun.

“Bahkan hari ini ada yang diwisuda berusia 90 tahun. Ini luar biasa, Ibarat kata kalau mau panjang umur harus pindah Nganjuk sepertinya," tutur Sekretaris BKKBN Jawa Timur disambut tawa dan semangat para wisuda lansia.

“Selamat hari ini lulus Slantang. Semoga bapak-ibu selalu diberikan kesehatan umur panjang dan barokah,” tambahnya.

Sementa itu, S. Kundarina selaku Kabid Pemberdayaan Keluarga Dinas PPKB Kabupaten Nganjuk, juga sebagai mentor Sekolah Lansia tangguh berharap, dengan diadakannya Sekolah Lansia ini, para lansia dapat memperoleh pemahaman dan pengetahuan yang lebih baik tentang kesehatan dan kesejahteraan. Serta Meningkatkan usia harapan hidup yang berkualitas dan berdaya guna

“Sehingga menjadikan para lansia yang sehat, aktif, produktif, dan mandiri,” imbuhnya sembari menyebut bekal dalam pendidikan lansia yang diberikan semoga bisa diterapkan untuk lansia aktif dan produktif.

(ZK/YOS)

0 Komentar