Kembangkan Usaha Ekonomi Masyarakat, Dinas PMD Gelar Pelatihan Pembuatan Video Produk Unggulan Desa

Optimalkan potensi desa agar lebih dikenal

Nganjuk, PING - Sebagai bentuk memfasilitasi pengembangan usaha ekonomi masyarakat, Pemerintah Kabupaten Nganjuk melalui Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) Kabupaten Nganjuk mengadakan pelatihan pembuatan video produk unggulan desa bertempat di Aula Dinas PMD Kabupaten Nganjuk, Selasa(25/7/2023).

Acara tersebut dibuka secara resmi oleh Kepala Dinas PMD Kabupaten Nganjuk Puguh Harnoto. Kegiatan yang dilaksanakan selama 2 hari mulai tanggal 25 sampai 26 Juli 2023 itu diikuti oleh 40 orang peserta dari 20 Kecamatan se Kabupaten Nganjuk.

Kepala Dinas PMD Kabupaten Nganjuk, Puguh Harnoto memberikan apresiasi atas terselenggaranya kegiatan pelatihan yang sangat penting dalam mendukung dan menyukseskan pengembangan usaha ekonomi masyarakat.

“Kita berharap kedepan tetap bisa memberikan kontribusi pelatihan seperti ini kepada generasi-generasi muda yang memiliki kreatifitas dan inovasi  di desanya masing – masing,” tuturnya.

Menurut Puguh, dari 284 desa dan kelurahan yang ada di Kabupaten Nganjuk, dirinya yakin masing - masing desa pasti memiliki sesuatu yang lebih. Dari Sumber Daya Alam (SDA) dan Sumber Daya Manusia (SDM) maupun kelebihan yang lain. Karena setiap desa memiliki karakter dan keunikan tersendiri.

“Semakin kita berkreatifitas dalam memunculkan produk potensi di desanya masing–masing, nanti secara langsung ataupun tidak langsung, akan berdampak pada peningkatan ekonomi di desanya masing-masing sehingga orang-orang akan berkreatif untuk mengembangkan usahanya.” Urainya.

Dengan mengikuti pelatihan  ini, Puguh berharap dapat menjadi salah satu media untuk menggali dan mengangkat potensi desa, menunjukkan sumber daya serta kemampuan yang dimiliki masing-masing desa sehingga dapat mempromosikan agar lebih dikenal dunia luar yang akhirnya dapat membawa nama Nganjuk.

“Melalui pengembangan ini, kita fasilitasi yang dikemas dalam pelatihan pembuatan video produk unggulan desa. Ikuti pelatihan dengan tuntas yang dilaksanakan selama 2 hari. Selamat melaksanakan pelatihan, manfaatkan pelatihan ini sehingga menambah ilmunya dan bisa ditularkan ke teman - teman lainnya,” tutupnya.

Sebagai informasi, dalam acara tersebut terdapat tiga narasumber. Pertama, Kasi Kelembagaan Dinas PMD Kabupaten Nganjuk Anik Ekowati dengan materi tentang Karang Taruna sebagai penggerak ekonomi desa. Kedua, Kasi Usaha Ekonomi Masyarakat (UEM) Dinas PMD Kabupaten Nganjuk Elok Mabruroh dengan materi tentang pentingnya pemasaran usaha ekonomi masyarakat. Ketiga, Sonny Tri Laksono dari Mahameru Studio dengan materi pembuatan video produk unggulan desa. (Cs/Kr)

0 Komentar