Kelurahan Mangundikaran Juarai Lomba RT Cantik Tingkat Kecamatan Nganjuk

Lurah Mangundikaran: Partisipasi masyarakat RT. 03 / RW. 08 bagus, otomatis kondisi lingkungan juga bagus

Nganjuk, PING – Kelurahan Mangundikaran berhasil mendapatkan juara 1 dalam Lomba RT Cantik tingkat Kecamatan Nganjuk yang digelar dalam rangka memeriahkan HUT RI ke-78. Bupati Nganjuk Marhaen Djumadi menyerahkan hadiah secara langsung kepada Lurah Mangundikaran Purwohadi Wicaksono, pada Senin (21/8/2023) di Pendopo Kecamatan Nganjuk.

Untuk diketahui, tujuan dilaksanakannya lomba RT Cantik tingkat Kecamatan Nganjuk tersebut adalah untuk merubah perilaku kehidupan masyarakat agar lebih peduli terhadap lingkungan di sekitarnya.

“Poin terpenting dalam kriteria penilaian lomba tersebut adalah bermuara pada partisipasi masyarakatnya. Kalau partisipasi masyarakatnya bagus, otomatis kondisi lingkungan juga bagus,” tutur Lurah Mangundikaran Purwohadi Wicaksono kepada PING. 

BACA JUGA: Peringati HUT RI Ke 78, Kecamatan Nganjuk Gelar Lomba RT Cantik

Sembari membeberkan kiat sukses menjadi juara dalam lomba RT Cantik tersebut, Purwohadi Wicaksono berharap prestasi yang diraih Kelurahan Mangundikaran melalui RT. 03 / RW. 08 tersebut dapat dijadikan sebagai contoh oleh lingkungan lainnya.

“Agar dapat di contoh oleh lingkungan RT/RW lainnya yang berada di Kelurahan Mangundikaran khususnya, serta RT/RW di Kelurahan/Desa lain pada umumnya. Dapat menjadi barometer atau contoh dalam memacu partisipasi dan kepedulian masyarakat terhadap lingkungan di sekitarnya,” jelasnya.

Dengan terpilihnya Kelurahan Mangundikaran sebagai Juara 1 lomba RT Cantik tingkat Kecamatan Nganjuk, otomatis akan mewakili Kecamatan Nganjuk dalam Lomba RT Cantik tingkat Kabupaten.

“Kami sebagai Pemerintah Kelurahan akan memberikan dukungan dan dorongan kepada RT / RW kami, agar dapat berpartisipasi semaksimal mungkin mewakili Kecamatan Nganjuk dalam lomba RT Cantik Tingkat Kabupaten Nganjuk nanti,” pungkasnya.

Sementara itu, Ketua RT. 03 / RW. 08 Kelurahan Mangundikaran Pak Andik menyampaikan bahwa masyarakat di lingkungannya tersebut sangat aktif menjaga lingkungan di sekitarnya. 

BACA JUGA: Bina Kelembagaan Desa, Kang Marhaen Serahkan Sertifikat Kewirausahaan UMKM Kelurahan Mangundikaran

“Masyarakat kami aktif tidak hanya pada saat lomba saja. Memang sehari-hari masyarakat RT. 03 / RW. 08 Kelurahan Mangundikaran aktif kerja bakti dan gotong-royong. Jadi ketika ada lomba RT Cantik dengan kriteria dan inovasi penilaian yang ditentukan oleh tim penilai, masyarakat kami sudah sangat siap,” bebernya.

Pak Andik juga membeberkan inovasi unggulan yang dimiliki RT. 03 / RW. 08 Kelurahan Mangundikaran yang menjadi nilai tambah bagi lingkungannya, sehingga mengantarkan Kelurahan Mangundikaran meraih Juara 1 lomba RT Cantik tingkat Kecamatan Nganjuk.

“Kami memiliki inovasi dalam menggunakan kembali barang-barang bekas, antara lain tempat cuci tangan dan akuarium dari galon bekas. Ada budidaya tanaman hidroponik, ada juga Tanaman Obat Keluarga (TOGA),” tambahnya. 

“Harapan kami tidak muluk-muluk yakni menjaga dan merawat apa sudah dilaksanakan tersebut. Jadi, menjaga dan merawat yang sudah bagus tersebut itu yang paling berat,” imbuhnya.

(AL/KUR/CIN)

0 Komentar