Kang Marhaen: Wujudkan Nganjuk Bangkit dengan Gotong Royong

Puncak Peringatan BBGRM dan HKG PKK 2023, “Dengan semangat gotong royong kita tingkatkan transformasi ekonomi inklusif dan berkelanjutan menuju optimis nganjuk bangkit”

Nganjuk, PING- Pemerintah Kabupaten Nganjuk melalui Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) menyelenggarakan Puncak Peringatan Bulan Bhakti Gotong-Royong Masyarakat (BBGRM) ke-20 sekaligus Hari Kesatuan Gerak (HKG) PKK ke-51 Kabupaten Nganjuk tahun 2023, pada Rabu(6/9/2023) di Pendopo K.R.T. Sosro Koesoemo.

Hadir secara langsung dalam acara Bupati Nganjuk beserta Ketua TP PKK Kabupaten Nganjuk, Yuni Marhaen. Hadir juga Sekda Nganjuk beserta Ketua Dharma Wanita Kabupaten Nganjuk, Asisten dan Staf Ahli Bupati, jajaran pengurus TP PKK Kabupaten Nganjuk dan seluruh anggota, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kabupaten Nganjuk, Kepala OPD se-Kabupaten Nganjuk, Camat beserta Ketua TP PKK Kecamatan.

Dalam sambutannya, Kang Marhaen menyampaikan momentum BBGRM Ke-20 dan HKG-PKK Ke-51 adalah menjadi semangat kita bersama dalam mewujudkan optimis Nganjuk Bangkit. Karena, bagi Kang Marhaen, Nganjuk bangkit dapat terwujud melalui gerakan gotong royong sinergi bersama, antara pemerintah kabupaten, kecamatan dan desa, serta didukung oleh masyarakat Nganjuk.

“Kemarin salah satu Pemuda pelopor Nganjuk mengenalkan inovasinya mengubah limbah dari bawang merah dijadikan sebagai sabun cuci dan pupuk organik. Ini merupakan sebuah potensi dari pemuda Nganjuk untuk dikembangkan secara bersama-sama. Hal ini nanti dapat bersama-sama memberdayakan ibu-ibu PKK membuat paguyuban secara bergotong royong untuk mengolah limbah dari bawang merah tersebut, sehingga bisa meningkatkan perekonomian,” tuturnya.

Kang Marhaen berharap peringatan BBGRM dan HKG PKK bukan hanya seremonial saja, tapi juga dapat menggerakkan seluruh lapisan masyarakat untuk bergotong royong mendukung pembangunan Kabupaten Nganjuk untuk kemajuan bersama.

Sementara itu, Kepala Dinas PMD, Puguh Harnoto, dalam laporannya menyampaikan tujuan puncak peringatan BBGRM dan HKG-PKK ini adalah untuk meningkatkan kepedulian dan peran aktif masyarakat berdasarkan semangat kebersamaan dan kegotong-royongan.

“Sehingga terwujudnya persatuan dan kesatuan, antisipasi, gotong royong masyarakat dalam pembagunan dan pemberdayaan serta untuk meningkatkan peran serta kelembagaan masyarakat,” pungkasnya.

Puguh Harnoto berharap dalam pelaksanaan bulan bhakti gotong royong ini masyarakat ikut berperan sebagai fasilitator kegiatan, melaksanakan monitoring, dan evaluasi.

Sebagai informasi, dalam kegiatan tersebut juga diberikan penyerahan hadiah kepada Pemerintah Kecamatan dan Desa untuk lomba gotong-royong terbaik, Bumdes terbaik, serta penyerahan piagam penghargaan kepada kecamatan dan desa terbaik dalam penyerapan dana desa.

Tak hanya itu, kader-kader terbaik PKK Kota Angin juga tak ketinggalan mendapatkan apresiasi tinggi lewat berbagai lomba. Antara lain, kategori lomba pelaksana terbaik 10 program PKK, lomba jambore PKK, lomba PTP, lomba pengelolaan bank sampah.

Pada acara tersebut juga dipamerkan stand Bumdesma eks. PNPM dan stand pemeran Produk Kelompok Usaha Peningkatan Pendapatan Keluarga UP2K- PKK di masing-masing Kecamatan. (kr/cy/nr)

0 Komentar