Kang Marhaen Tekankan Pentingnya Leadership Bagi Lembaga Kelurahan

Mampu menumbuhkan dan menggerakkan peran dan kesadaran masyarakat dalam pembangunan daerah

Nganjuk, PING Kepemimpinan merupakan hal penting dalam suatu organisasi, sebab kepemimpinan adalah salah satu kunci keberhasilan organisasi dapat tercapai. Maka, seorang pemimpin harus memiliki skill leadership yang baik.

Hal ini seperti yang disampaikan Bupati Nganjuk kepada seluruh lembaga Kelurahan Jatirejo, Kecamatan Nganjuk, pada acara Pembinaan Kelembagaan Peningkatan Kapasitas Daerah dan Penurunan Angka Stunting di Balai Kelurahan Jatirejo, Senin (7/8/2023).

Acara tersebut dihadiri oleh Ketua RT, RW, kader Kelurahan, Karang Taruna, dan Lembaga Pemberdayaan Masyarakat (LPM) Kelurahan Jatirejo. Turut dihadiri juga Camat Nganjuk, Forkopimcam Kecamatan Nganjuk serta para Lurah dan Kades se Kecamatan Nganjuk.

Melalui peningkatan kapasitas lembaga kelurahan ini, diharapkan Bupati Marhaen dapat meningkatkan pelayanan publik terhadap masyarakat. “Bagaimana menumbuhkan semangat inovasi dan gotong-royong bersama antara Pemerintah Kelurahan dan Lembaga Kelurahan,” pungkas Kang Marhaen sapaan akrab Bupati Nganjuk.

Maka, bagi Kang Marhaen, seorang pemimpin di tingkat Kecamatan, Kelurahan sampai tingkat RT, RW harus memiliki mental dan skill leadership yang baik.

“Kuncinya adalah kita harus mampu menjalin komunikasi, koordinasi, dan kolaborasi yang baik antar lembaga dan masyarakat. Sehingga kesadaran dan pemberdayaan masyarakat dapat terwujud dengan baik,” bebernya.

Baca Juga : Kang Marhaen Bina Lembaga Kelurahan Ganung Kidul

Selanjutnya, ditambahkan Kang Marhaen, untuk menjadi top leader juga harus mempunyai rasa memiliki dan tanggung jawab bersama. Artinya, seorang pemimpin harus sadar akan tanggung jawabnya sebagai pimpinan, dan juga masyarakat.

“Nganjuk adalah milik kita bersama. Maka, ayo kita bangun bersama-sama, ada yang kurang juga akan kita perbaiki bersama-sama,” tambahnya.

Sementara itu, Lurah Jatirejo, Sunaryo, menyambut baik dengan adanya pembinaan untuk peningkatan kapasitas bagi perangkat dan lembaga di kelurahannya. Setidaknya dapat menambah ilmu untuk meningkatkan roda pemerintahan desa kedepan yang lebih baik.

“Saya mengucapkan terima kasih kepada Kang Marhaen yang bersedia langsung memberikan pembinaan. Tentu akan meningkatkan semangat kami dalam menjalani roda pemerintahan di tingkat kelurahan,” tandasnya.

Sunaryo menuturkan banyak program kegiatan dan prestasi yang berhasil diraih Kelurahan Jatirejo. Ini menunjukkan bahwa kerjasama, gotong-royong dan kolaborasi yang baik antar lembaga dan masyarakat di Wilayahnya. (ZK/NR/CS)

Baca Juga : Hadir Pembinaan Kelembagaan, Kang Marhaen Apresiasi Kader Desa dan Kelurahan Se Kecamatan Kertosono

 

0 Komentar