Kang Marhaen Sampaikan Pentingnya Sinergitas Parenting Orang Tua dan Guru SMPN 1 Rejoso

Sinergi menghadirkan generasi berakhlak dan berprestasi

Nganjuk, PING- Kang Marhaen beri sosialisasi dan motivasi sekolah di SMP Negeri 1 Rejoso, Kabupaten Nganjuk. Sosialisasi tersebut dimaksudkan untuk memberikan informasi kepada orang tua/wali tentang kulitas pengasuhan orang tua terhadap anak, agar dapat terciptanya jati diri generasi muda yang bersinegri positif, generasi berakhlak dan berprestasi di masa depan, Senin (31/08/2023) pagi.

Kegiatan pembinaan ini diikuti oleh orang tua/wali murid kelas IX, jajaran guru SMPN 1 Rejoso, serta dihadiri oleh Kepala Dinas Pendidikan Sopingi, Forpimcam Rejoso dan Kepala Sekolah Yayuk Winarti S.Pd.

Baca Juga : Hadir di SMPN 1 Berbek, Kang Marhaen: ‘Anak dan Pendidikan adalah Investasi Unlimited’

Dalam sambutanya, Bupati Marhaen menyampaikan, alasan utama diselenggarakan parenting ialah sebagai momen guru dan orang tua wali murid berintropeksi diri, apakah selama ini sudah memberikan pola asuh anak yang baik dan benar.

Karena perlu diketahui bahwa setiap anak memiliki ciri khas atau sifat yang berbeda-beda. "Maka, sebagai orang tua dan guru harus bisa menerima segala kelebihan dan kekurangan dari anaknya masing-masing,” ungkap Kang Marhaen.

Lebih lanjut Kang Marhaen, menegaskan “Anak-anak Nganjuk biar tidak manja maka nanti kedepan biar mandiri dengan sendirinya, anak harus kita ajari membangun sifat kesadaran dan punya tanggung jawab. Pendidikan adalah proses untuk pendewasaan dari segala karakter si anak, untuk orang tua beri dorongan dan semangat untuk anak itu sangat penting dalam hal pendidikan. Maka tingkat kematangan anak-anak akan terjadi, pada prinsipnya adalah anak itu cerdas tidak ada bodoh, maka sebagai orang tua juga harus pintar menggali apa yang ada dalam anak itu,” pungkas Marhaen Djumadi.

Sementara itu, di kesempatan yang sama Kepala Sekolah SMPN 1 Rejoso Yayuk Winarti, mengucapkan terima kasih banyak atas motivasi yang diberikan Bupati Nganjuk dalam kesempatan kali ini.

“Dengan bangga dan senang, kami keluarga besar SMPN 1 Rejoso mengucap banyak terima kasih atas support dan dukungan Bupati Nganjuk dalam parenting di sekolah kami,” ucap Winarti.

Winarti menyampaikan, bahwa peranan orang tua/wali peserta didik sebagai partner guru dalam mendidik anak-anak tidak bisa dipisahkan.

Baca Juga : Menjadi Role Model Bagi Anak, Kang Marhaen Parenting Orang Tua dan Guru di SMPN 1 Sawahan

“Bahkan orang tualah yang hakikatnya memiliki peran utama sesungguhnya dalam pendidikan, sedangkan pihak sekolah dan guru hanya sebagai fasilitator, pembimbing, orang tua kedua di sekolah. Untuk itu perlu kerjasama yang baik untuk mendapatkan hasil yang terbaik,” imbuhnya

(RL/YS)

0 Komentar