Kang Marhaen Hadiri Prosesi Siraman Sedudo

Lestarikan Budaya Lokal Kang Marhaen Ikuti Prosesi ritual suci sedekah bumi dan upacara pengambilan Tirto suci

Nganjuk, PING- Prosesi siraman sedudo, Desa Ngliman, Kecamatan Sawahan, Kamis (3/8/2023) diikuti Bupati Nganjuk, Marhaen Djumadi.

Bupati Marhaen menyebut prosesi siraman sedudo ini harus terus dilestarikan untuk menjaga adat dan budaya lokal yang menjadi ritual daerah secara turun temurun dari zaman Majapahit hingga kini.

Ritual siraman sedudo, kata Kang Marhaen sapaan akrab Bupati Nganjuk, dipercaya dapat membawa keberkahan bagi masyarakat sekitar.

"Tirto suci (air suci) dari Air Terjun Sedudo, diyakini punya kekuatan supranatural, membawa berkah awet muda, bisa menyembuhkan segela penyakit, dan bagi pemuda yang belum dapat jodoh bisa dapat jodoh," begitu kata Kang Marhaen dalam bahasa jawa halus.

Prosesi siraman sedudo, dilaksanakan di setiap bulan muharram atau bulan suro, diawali dengan menarikan tari amek tirto (mengambil air) yang dilakukan oleh sembilan penari yang masih perawan dan diikuti sembilan gadis berambut panjang yang masih suci untuk mengambil air di bawah mata Air Terjun Sedudo.

Dalam sambutannya, selain untuk melestarikan budaya lokal daerah, Kang Marhaen menegaskan, pentingnya adat budaya ini dipelihara, sebagai ikatan sosial bagi warga Nganjuk, juga karena manfaatnya untuk memajukan dan mengenalkan pariwisata andalan Nganjuk, Air Terjun Sedudo.

Dengan mandi di bawah air terjun sedudo yang diyakini dapat membuat awet muda, ungkap Kang Marhaen, dapat menarik wisatawan lokal, nasional hingga regional.

Untuk itu, Kang Marhaen mengajak masyarakat lokal dan seluruh warga Nganjuk untuk ikut handarbeni. "Semoga kebagasan, kawarasan, gemahripah loh jinawi, toto tentrem raharjo dumugi kito," ucap Kang Marhaen.

Sementara itu, Kepala Disporabudpar Nganjuk, Sri Handariningsih, menyebut selain untuk melestarikan adat dan budaya lokal Nganjuk. Prosesi siraman sedudo menjadi ajang promosi untuk mengenalkan wisata icon andalan Nganjuk, Air Terjun Sedudo.

"Untuk memajukan ekonomi dan pariwisata Kabupaten Nganjuk," jelasnya. (ZK/NR)

0 Komentar