Kang Marhaen Buka Bimtek Keselamatan Bagi Penyedia Jasa Angkutan Umum

Sebagai Upaya Menurunkan Angka Kecalakaan Lalu Lintas di Wilayah Kabupaten Nganjuk

Nganjuk, PING-  Kecelakaan lalu lintas yang melibatkan angkutan umum memang masih kerap terjadi, untuk itu Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Nganjuk melalui Dinas Perhubungan menggelar bimbingan teknis (Bimtek) Keselamatan Penyedia Jasa Angkutan Umum guna mewujudkan angkutan umum yang aman dan nyaman.

Demikian disampaikan Plt. Bupati Nganjuk, Marhaen Djumadi saat membuka Bimtek di Pendopo Kecamatan Wilangan, Jumat (24/02/2023), yang diikuti oleh Kepala Dinas Perhubungan, Camat Wilangan dan 120 peserta dari penyedia jasa angkutan umum.

Mengawali sambutannya, orang nomor satu di Kota Angin itu mengatakan melalui bimtek ini, ada tiga faktor penting bagi penyedia jasa angkutan umum dalam mengutamakan keselamatannya.

Baca Juga : Arus Lalu Lintas Jalan Kartini Kembali Menjadi Dua Arah

Pertama, membangun dan mewujudkan Sumber Daya Manusia (SDM) yang lebih berkompeten, profesional, cakap dan terampil. Sehingga mampu merespon kebutuhan dalam meningkatkan pelayanan dan keselamatan bertransportasi kepada masyarakat.


Kasatlantas Polres Nganjuk, Dini Anisa berikan materi tentang tata tertib lalu lintas di jalan bagi penyedia jasa angkutan umum

Kemudian, pengecekan kondisi kendaraan (angkutan umum). Apakah kendaraan dalam kondisi normal atau tidak. Hal sepele ini lah yang perlu menjadi perhatian khusus para penyedia jasa angkutan umum. “Karena kondisi kendaraan itulah yang menjadi penyebab kecelakaan di jalan, Maka perlu diperhatikan,“ ucap Kang Marhaen.

Terakhir, Kang Marhaen menyampaikan bahwa penyebab terjadinya kecelakaan lalu lintas ialah kondisi jalan. Maka dari itu, pihaknya menghimbau kepada Dinas Perhubungan agar memasang rambu-rambu lalu lintas. “Pasang rambu–rambu sesuai kondisi dilapangan,“ tegasnya.

Baca Juga : Bus Sekolah Dishub Nganjuk Siap Antar Jemput Pelajar Disabilitas

Lebih lanjut Kang Marhaen berharap dengan adanya Bimtek ini peran pengemudi angkutan umum dalam mewujudkan ketertiban, kelancaran, dan keselamatan berlalu lintas di jalan bisa ditingkatkan lagi.


Kepala Dinas Perhubungan, Tri Wahju Kuntjoro berikan wawasan kepada para penyedia jasa angkutan umum

“Kecelakaan itu mengurangi resiko-resiko kemiskinan. Maka dari itu. Yuk, kita bersama-sama jaga Nganjuk bersama,“ tambahnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Nganjuk, Tri Wahju Kuntjoro menambahkan bahwa kegiatan ini sebagai evaluasi pihaknya dalam memberikan wawasan terkait para penyedia angkutan umum, agar tertib berlalu lintas, serta sarana dan prasarana guna menurunkun angka kecelakaan yang terjadi di wilayah Kabupaten Nganjuk.

Baca Juga : Dishub Berikan Program Angkutan Sekolah Untuk Siswa Disabilitas

“Semoga dengan Bimtek ini, bisa menumbuhkan kesadaran bagi para penyedia jasa angkutan umum akan pentingnya masalah keselamatan lalu lintas. Sehingga angka kecelakaan di kabupaten Nganjuk menurun,“ harapnya.

Sebagai informasi, pada giat tersebut juga dilaksanakan diskusi terkait penyediaan jasa angkutan umum, yang dimoderatori oleh Kepala Bidang Angkutan Umum Dinas Perhubungan Kabupaten Nganjuk, Makrus dengan materi tata tertib berlalu lintas yang disampaikan oleh Kasatlantas Polres Nganjuk, Dini Anisa Rahman. (Hs/Rl)

0 Komentar