Kang Marhaen Apresiasi Potensi Siswa Tingkat SD/MI, SMP/MTS Lomba Cipta & Baca Puisi, Cerpen

Dalam rangka peringatan Hari Pendidikan Nasional

Nganjuk, PING- Lomba Cipta & Baca Puisi Tingkat SD/MI dan Lomba Cipta Cerpen Tingkat SMP/MTS telah memasuki babak final. Setelah melalui beberapa tahap seleksi secara daring/online kini telah tersaring 6 besar yang bertanding secara tatap muka di Ruang Rapat Candi Lor, Senin(8/5/2023).

Acara yang digelar oleh Ikatan Guru Indonesia (IGI) Kabupaten Nganjuk itu dibuka langsung oleh Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Nganjuk Sopingi, dihadiri pula oleh Bupati Nganjuk Marhaen Djumadi, Ketua IGI (Ikatan Guru Indonesia), Ketua PGRI Kabupaten Nganjuk, Perwakilan Kepala Sekolah SD/MI dan SMP/MTS, serta para peserta lomba beserta pendamping guru.

Kang Marhaen dalam sambutannya menyampaikan bahwa lomba cipta & baca puisi dan lomba cerpen tingkat SD dan SMP ini adalah cara untuk mengekspresikan diri mengasah bakat yang dimiliki.

"Ini adalah cara untuk mengekspresikan, jika kita baca dengan penuh penghayatan seolah-olah yang mendengarkan akan mengerti dan merasakan apa yang ada di cerita dan puisi", tutur Kang Marhaen.

Baca juga: Kecamatan Gondang Gelar Upacara Peringatan Hari Pendidikan Nasional Tahun 2023

Menurutnya lomba hari ini merupakan pengembangan otak kanan yakni kreatifitas. Kang Marhaen berpesan kepada orang tua dan guru agar terus mendorong dan menggali potensi anak didiknya. "Biarkan anak berkreasi.Orang tua dan guru harus bisa menggali potensi. Maka dorong terus potensi anak. Jadilah Tut Wuri Handayani. Setiap anak adalah unik dan cerdas. Jangan dibanding bandingkan", pungkas Kang Marhaen.

Kadisdik Sopingi dalam sambutannya menyampaikan bahwa acara tersebut merupakan acara puncak dari Lomba & Baca Puisi Tingkat SD/MI dan Lomba Cipta Cerpen Tingkat SMP/MTS dalam memperingati Hari Pendidikan Nasional yang diperingati setiap tanggal 2 Mei.

Dirinya ingin dengan adanya lomba ini dapat menciptakan siswa siswi yang berprestasi melalui bakatnya masing-masing.

Baca juga: Peringati Hardiknas, Gubernur Khofifah Tekankan Pendidikan yang Relevan

"Hari ini grand final atau puncaknya lomba cipta dan baca puisi tingkat SD/MI dan lomba cipta cerpen tingkat SMP/MTS. Saya berharap kegiatan ini diikuti dengan baik dan sportifitas. Selamat mengikuti lomba", tutur Sopingi.

Sementara itu, Ketua Ikatan Guru Indonesia, Wuri Astutik, mengucapkan terima kasih atas partisipasi murid bersama bapak/ibu guru yang telah mengikuti dan mendampingi putra putri didiknya dalam seleksi lomba cipta puisi dan cipta cerpen ini.

Wuri mengatakan bahwa keseluruhan peserta yang mengikuti lomba cipta & baca puisi ada 71 peserta SD/MI dan untuk lomba cerpen diikuti 78 peserta SMP/MTS. Sebelumnya telah dilakukan seleksi secara daring hingga mengambil 6 besar dari masing-masing lomba cipta& baca puisi dan lomba cipta cerpen.

Wuri sebagai Ketua IGI mengaku bahwa IGI ikut berpartisipasi dan mendukung berbagai kegiatan pendidikan untuk merayakan Hari Pendidikan Nasional di Kabupaten Nganjuk. "IGI merupakan salah satu instansi yang berada di Kabupaten Nganjuk dan kami ikut berpartisipasi untuk merayakannya", ungkap Wuri.

Baca juga: Dorong Kreatifitas Pelajar, Dinas Arpus Nganjuk Gelar Lomba Bertutur Lokal Konten

Sebagai informasi berikut daftar sekolah pemenang Lomba:

Puisi
Harapan 3, skor 1061 SDN Sugihwaras
Harapan 2, skor 1063 MIN Nganjuk
Harapan 1, skor 1083 SDN Banaran Wetan 
Juara 3, skor 1084 SDN IT Ulul Albab Kertosono 
Juara 2, skor 1085 SDN 2 Tanjunganom 
Juara 1, skor 1105 SDN Pace Kulon

Cerpen 
Harapan 3, SMP 7 Nganjuk
Harapan 2, MTS NU Joho
Harapan 1, SMP 2 Lengkong
Juara 3, SMPN 4 Nganjuk
Juara 2, SMP Bina Insan Mandiri
Juara 1, SMP 2 Kertosono

(YOS/CY/YS)

0 Komentar