Kang Marhaen Apresiasi Kader Desa dan Kelurahan Se-Kecamatan Kertosono

Pembinaan kelembagaan Kecamatan Kertosono

Nganjuk, PING- Dalam peningkatan kapasitas lembaga desa dalam menjalankan tugas dan fungsinya serta sebagai sarana komunikasi antara desa dengan pemerintah daerah, Kang Marhaen memberikan arahanya dalam Pembinaan Kelembagaan Desa dan Kelurahan Se-Kecamatan Kertosono, Senin (24/07/23).

Hadir dalam acara tersebut, kepala Dinas PMD Kabupaten Nganjuk, Asisten Pemerintahan dan Kesra, Forpimcam Kertosono, Kepala Desa Se-Kecamatan Kertosono bersama Lembaga Desa dan para kader Desa Se-Kecamatan Kertosono

Dalam arahanya, Kang Marhaen menjelaskan bahwa pembinaan ini bertujuan untuk meningkatkan kapasitas lembaga desa dalam menjalan tugas dan fungsinya.

Selain itu, pembinaan ini juga sebagai penguatan dan peningkatan kelembagaan tingkat Desa seluruh Kabupaten Nganjuk. ”Alhamdulillah bantuan penambahan honor guru TPQ dan TPA sudah ditanda tangani sebesar 800 juta, kemudian bantuan pondok pesantren, musholla, dan masjid sebesar 780 juta sudah tertanda tangani,” ucap Kang Marhaen

Kang Marhaen menyampaikan peningkatan kapasitas honor tidak lain, yakni untuk menghargai guru-guru TPQ/TPA yang ada di desa dan kader lainya.

Kertosono filosofinya sangat luar biasa tanah kemenangan bumi anjuk ladang saya juga mengajukan Jembatan Kertosono ke pusat bagaimana Jembatan Kertosono itu bisa di optimalkan, Pasar Kertosono kita sudah mulai operasionalkan dan nanti akan kita bangun lagi sekitar 15 m sehingga dapat memperbesar ekonomi daerah Kertosono.

Sementara itu, Mashudil Nurul Huda, selaku Camat Kertosno berharap pasca kegiatan kelembagaan tersebut harus lebih semangat lagi terhadap pelayanan masyarakat terutama ibu-ibu kader, lembaga desa.

Berkaitan dengan kader PPKB yang selama ini sudah membantu Kecamatan Kertosono, membantu pemerintah desa dengan sebuah prioritas program percepatan penurunan stunting di desa. Kemudian data yang sesuai kita terima di tahun 2023, ada 13 desa dan satu kelurahan yang ada di Kecamatan Kertosono ini tidak masuk fokus stunting.

"Jadi kami harapkan, kita terus semangat berkaitan dengan program pemerintah, semua lintas sektor bisa terlibat serta membantu penurunan angka stunting,” ujar Camat Kertosono

Sebagai informasi, pada hari yang sama Kang Marhaen juga memberangkatkan Estafet Tunas Kelapa Anjuk Ladang yang akan diikuti anak-anak Pramuka sebanyak 200 ribu peserta dari seluruh Kabupaten Nganjuk

(RL/HR/ZK/YS)

0 Komentar