Junjung Tinggi Demokrasi Pancasila, Bakesbangpol Wujudkan Pemilu Damai 2024

Menyambut Pemilu 2024, masyarakat diajak menjadi pemilih yang cerdas dalam memfilter berita hoax

Nganjuk, PING- Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Bakesbangpol) Kabupaten Nganjuk melalui Forum Kewaspadaan Dini Masyarakat (FKDM) menggelar kegiatan Sosialisasi Demokrasi Pancasila Dalam Penyelenggaraan Pemilu tahun 2024 di Pendopo Kecamatan Gondang Kabupaten Nganjuk, Kamis(6/7/2023).

Hadir secara langsung mewakili Kepala Bakesbangpol Kabupaten Nganjuk, Kepala Bidang Kesatuan Bangsa Bakesbangpol Budianto didampingi Camat Gondang. Hadir pula Ketua FKDM Kabupaten Nganjuk serta undangan lainnya.

Dalam sambutannya mewakili Kepala Bakesbangpol Kabupaten Nganjuk, Budianto mengatakan berdasarkan undang-undang FKDM merupakan mitra Pemerintah yang mempunyai tugas untuk menjaring, menampung, serta mengkoordinasikan data informasi dari masyarakat tentang potensi ancaman keamanan menjelang Pemilu.

Baca juga : Kantor Kesbangpol Berpesan Pentingnya Junjung Tinggi Persatuan dan Kesatuan

"Juga menjadi mata, telinga, mulut Pemerintah. Sangat berperan penting memberikan informasi kepada Pemerintah baik di tingkat Kabupaten maupun Pusat," ujar Kepala Bidang Kesatuan Bangsa Bakesbangpol Kabupaten Nganjuk tersebut.

Dirinya berharap, melalui kegiatan tersebut masyarakat bisa meningkatkan kewaspadaan di lingkungannya masing-masing. Dan juga fungsi kewarganegaraan dapat dijalankan sebagaimana mestinya.

"Guna memaksimalkan peran FKDM dalam pendeteksian dan kewaspadaan dini di masyarakat. Perlu sinergitas antara Bakesbangpol Nganjuk dengan pemangku wilayah di tingkat kecamatan dan kelurahan," tutur Budianto.

Baca juga : Agar Tetap Kondusif, Bakesbangpol Nganjuk Lakukan Pengawasan terhadap Ormas

Sementara itu, Camat Gondang Bayu Istas Sasongko melalui Sekretaris Kecamatan (Sekcam) menuturkan bahwa tahun 2023 ini adalah tahun politik karena tahun depan merupakan pelaksanaan Pemilihan Umum (Pemilu) Presiden dan Wakil Presiden.

"Ini menjadi kegiatan yang besar sekali, tentunya juga membutuhkan dukungan dari berbagai pihak seperti karang taruna, tokoh agama, tokoh masyarakat dan yang lain," kata Sekcam Gondang Zainun Nidhom.

"Kita berharap semua pihak bisa meminimalisir dan mengantisipasi jika nanti dalam pemilu terdapat berita negatif atau hoaks dengan cara memfilternya terlebih dahulu," tutupnya.

Kemudian acara dilanjutkan dengan pemberian materi sosialisasi demokrasi Pancasila oleh narasumber Suwarno selalu Ketua FKDM Kabupaten Nganjuk yang menyampaikan materi tentang Demokrasi Pancasila dalam Penyelenggaraan Pemilu. Kemudian Rasid Anggara selalu Sekretaris FKDM Kabupaten Nganjuk menyampaikan tentang Pemilu dan Ideologi Pancasila. (Cs/Kur/Al)

0 Komentar