Jelang Hari Santri Nasional 2023, PCNU Kabupaten Nganjuk Gelar Serangkaian Lomba

Hari Santri Nasional 2023 angkat tema ‘Jihad Santri Jayakan Negeri’

Nganjuk, PING– Menjelang peringatan Hari Santri Nasional (HSN) 2023 di Kabupaten Nganjuk, Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Kabupaten Nganjuk memeriahkannya dengan serangkaian gelaran perlombaan dan kegiatan. Salah satunya membaca kitab kuning yang digelar hari ini, Rabu (18/10/2023) di Kantor PCNU Kabupaten Nganjuk.

“Peringatan HSN tahun 2023 di Kabupaten Nganjuk akan disemarakkan dengan berbagai kegiatan, dimulai pada hari ini. HSN tahun ini mengangkat tema Jihad Santri Jayakan Negeri,” tutur Ketua Panitia Kegiatan HSN Kabupaten Nganjuk, Solichul Hadi kepada PING.

Pihaknya juga menyebut, peringatan HSN di Kabupaten Nganjuk tahun ini ada beberapa kegiatan acara yang akan diselenggarakan. Ada 7 lomba yang akan digelar PCNU Kabupaten Nganjuk, antara lain membaca kitab kuning, qosidah rebana, pidato syarah qowa’idul fiqhiyah.

“Kemudian ada juga lomba membaca puisi santri, geguritan santri, menulis biografi ulama Nganjuk dan mamamia mewarnai,” bebernya.

Terkait lomba membaca kitab kuning yang hari ini digelar, Sholichul Hadi menyebutkan terdapat perbedaan dari tahun-tahun sebelumnya. Menurutnya, tahun ini lebih meriah dibuktikan dengan banyaknya jumlah peserta yang mengikuti lomba.

“Sejak digelar dari tahun 2015 lalu, tahun 2023 ini jumlah pesertanya terbanyak. Totalnya ada sejumlah 65 peserta terdiri dari pelajar atau santri pondok pesantren yang mendaftar dan hadir di Kantor PCNU Nganjuk,” jelas pria yang juga merupakan pegawai Kemenag Kabupaten Nganjuk tersebut.

Untuk diketahui, kemeriahan HSN 2023 di Kota Bayu yang digelar PCNU Kabupaten Nganjuk tersebut juga akan dilaksanakan lomba menulis biografi ulama Nganjuk. “Lomba ini merupakan hal yang baru, pasalnya dalam perlombaan ini sekaligus bertujuan untuk mengenalkan sumbangsih para Ulama Nusantara khususnya  yang ada di Kabupaten Nganjuk,” tambahnya.

“Jadi para peserta nanti akan menulis biografi ulama-ulama yang ada di Nganjuk. Walaupun ulama kita di daerah, tetapi berpengaruh hingga ke seluruh Nusantara,” tukas Solichul Hadi.

Sebagai informasi, pada malam menjelang peringatan HSN 2023 nanti akan digelar pembacaan 1 miliar Sholawat Nariyah di Pondok Pesantren Krempyang, Tanjunganom, Nganjuk. Dimana pada acara puncaknya yakni pada tanggal 22 Oktober 2023 nanti akan digelar Apel Hari Santri Nasional 2023 bersama di Alun-Alun Nganjuk.

Pasca HSN 2023 nanti pada tanggal 29 Oktober akan digelar jalan sehat santri bersarung. “Uniknya jalan sehat kali ini semua peserta memakai sarung. Dengan hadiah 1 paket umroh dan hadiah menarik lainnya,” imbuh Solichul Hadi.  

Dengan berbagai rangkaian kegiatan HSN 2023 tersebut, Solichul Hadi berharap para santri di Kabupaten Nganjuk tetap bisa ikut bersama-sama membangun negeri dan mencintai NKRI dengan sepenuh hati.

(AL/NR)

0 Komentar