Jaring SDM Kompeten, Disnaker Seleksi 100 Peserta Pelatihan Barbershop

Seleksi diadakan secara fair untuk menciptakan wirausahawan baru

Nganjuk, PING - Ratusan pemuda di Kota Angin tampak antusias ikuti seleksi calon peserta pelatihan barbershop yang diselenggarakan oleh Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) Kabupaten Nganjuk, pada hari Senin (12/02/2024).

Kepala Bidang Hubungan Industrial sekaligus Pelaksana tugas Sekretaris Disnaker Kabupaten Nganjuk, Suwanto, S.H, M.H., menjelaskan bahwa kegiatan seleksi dilakukannya karena jumlah pendaftar pelatihan barbershop sangat luar biasa.

Dimana peminat pelatihan ini dari tahun ke tahun menunjukan data yang signifikan. Saat ini saja ada 100 orang yang mengikuti seleksi.

Baca Juga : Ciptakan Tenaga Kerja Terampil, Pj. Bupati Nganjuk Buka Pelatihan Ecoprint


“Dari 100 orang tersebut, yang dibutuhkan hanya 60 orang untuk mengikuti pelatihan. Jadi ada tiga angkatan, dimana masing-masing angkatan ada 20 orang dari dana yang bersumber DAU tahun 2024,“ ucap Suwanto saat membuka acara tersebut di Aula Disnaker Nganjuk.

Suwanto menyampaikan, kegiatan seleksi calon peserta pelatihan kini menggunakan sistem online, yakni menggunakan google form. “Sehingga proses seleksi ini kita laksanakan secara transparan dan pengumumannya pun juga online, jadi fair," ujarnya.

Baca Juga : Pj Bupati Nganjuk, Sri Handoko Taruna Buka Pelatihan Pelinting Rokok

Diakui, Suwanto, antusias masyarakat Kabupaten Nganjuk begitu besar dalam mengikuti pelatihan yang digelarnya.  Hal ini membuktikan bahwa minat masyarakat Nganjuk untuk menciptakan usaha atau lapangan kerja sangat tinggi. “Apalagi yakni usaha barbershop atau potong rambut yang sedang trending,“ ungkapnya. 


Untuk itu, Suwanto juga menghimbau kepada para peserta seleksi pelatihan yang lolos nanti, agar tidak serta merta mengikuti pelatihan untuk mencari uang sakunya saja. Tetapi juga mengikuti tahapan demi tahapan dalam pelatihan, supaya ilmu yang didapat bisa diterapkan dengan baik saat terjun langsung bekerja.

Baca Juga : Ciptakan Wirausaha Kuliner Kekinian, Disnaker Berikan Pelatihan Memasak Warga Prambon

"Karena dengan adanya pelatihan ini diharapkan, para pencari kerja di Kabupaten Nganjuk bisa meningkatkan kemampuannya dan tujuannya bisa menciptakan wirausaha baru," harapnya.

Sebagai informasi, seleksi calon pelatihan barbershop ini dibagi menjadi tiga gelombang. Dimana masing-masing gelombang diikuti 35 orang. Perlu diketahui juga, bahwa pelatihan barbershop ini akan dilaksanakan selama sepuluh hari.(Hs/Rl) 

0 Komentar