Jaring Ide dan Inovasi Kaum Muda, Sekda Nur Solekan Ajak ASN Muda Ikut Kompetisi “Ideathon” MenpanRB

Berkontribusi secara positif dalam meningkatkan kualitas pelayanan publik melalui ide dan gagasan

Nganjuk, PING- Gebrakan perbaikan kinerja pemerintahan daerah terus dilakukan Sekretaris Daerah Kabupaten Nganjuk, Nur Solekan, untuk merealisasi visi dan misi Bupati Nganjuk.

Saat ini, Nur Solekan mendorong ASN muda di Kota Bayu ikut kompetetisi Ide Inovasi  “Ideathon” yang diselenggarakan oleh Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB).

Dorongan itu ia tegaskan melalui surat Sekda Nganjuk Nomor: 067/1370/411.000/2023. yang mana ASN muda Nganjuk diminta mengirim inovasi produk/ aplikasi/ sistem/ dan platform terbaik di bidang pelayanan publik.

“Sesuai Surat Sekda Gubernur Jawa Timur Tanggal 22 Mei 2023, Nomor 065/19202/031/031.3/2023, hal Keikutsertaan Apatarur Sipil Negara pada Kompetisi Ide Inovasi “Idethon”, ASN Muda diminta mengikuti Kompetisi Ide Inovasi “Ideathon” Kementrian Pan dan RB,” bunyi surat Sekda.

Merespon Kementerian PAN-RB

Dilansir dari laman resmi KemempanRB, Rabu (24/5/2023), melalui kompetisi Ideathon yang digelar perdana ini, orang muda dapat berkontribusi secara postitif dalam meningkatkan kualitas pelayanan publik di daerah dan memeberikan dampak positif bagi masyarakat luas.

“Kompetisi ini diharapkan menjadi wadah untuk mempromosikan dan mendukung partisipasi bermakna orang muda untuk membantu pemerintah daerah dalam peningkatan kualitas pelayanan publik melalui ide dan inovasi,” jelas Deputi Bidang Pelayanan Publik Kementerian PANRB, Diah Natalisa, Senin (3/4/5/20203).

Lebih lanjut dijelaskan, pendaftaran kompetisi tersebut dibuka sejak 3 April hingga 26 Mei 2023. Masyarakat dapat mendaftarkan diri melalui tautan pamflet.or.id/ideathon. Peserta dapat memberikan ide dalam bentuk gagasan, produk, sistem, aplikasi, dan platform.

Sebagai informasi, peserta dalam kompetisi ini dibagi ke dalam tiga kategori yaitu ASN muda, mahasiswa, dan praktisi/akademisi. Dengan fokus pada keterlibatan anak muda, maka peserta yang dapat mengikuti kompetisi ini adalah orang muda dengan rentang usia 18 hingga 35 tahun.

Terdapat tujuh subtema dalam Ideathon yang dibagi berdasarkan prioritas pembangunan Nasional tahun 2023. Diantaranya, yaitu pemerataan infrastruktur dan transformasi digital, kesehatan, pendidikan dan budaya, kesejahteraan sosial dan pengentasan kemiskinan, kesetaraan gender dan pemberdayaan perempuan, ketahanan bencana dan perubahan iklim, serta reformasi tata kelola pemerintahan.

Disampaikan bahwa kompetisi ini juga bertujuan untuk menjaring ide-ide inovatif tentang pelayanan publik dari orang muda, sehingga dapat memberikan respon yang tepat dalam mengatasi isu-isu terkait pelayanan publik di daerah.

Diharapkan melalui Ideathon akan muncul ide-ide baru dan belum diimplementasikan sebelumnya, yang mampu menjadi solusi dalam menghadapi tantangan pelayanan publik di daerah. 

Baca juga:

Targetkan Green Leadership, Sekda Nur Solekan Buka Bimtek Calon Sekolah Adiwiyata

Sekda Nur Solekan Pastikan 48 Unit Rumah Siap dihuni Warga Terdampak Longsor Selopuro

0 Komentar