Jaga Ketersediaan Pangan, Dinas KPP Kembangkan Kawasan Lumbung Pangan

Guna mengoptimalkan berbagai aktivitas lumbung pangan dari hulu ke hilir

Nganjuk, PING - Sebagai upaya menjaga ketersediaan dan kedaulatan pangan di wilayah Kota Angin, Pemerintah Kabupaten Nganjuk melalui Dinas Ketahan Pangan dan Perikanan (KPP) terus mengembangkan kawasan lumbung pangan.

Hal ini untuk meningkatkan cadangan pangan yang dikelola masyarakat melalui pemberdayaan kelembagaan lumbung pangan secara berkelanjutan.

Demikian disampaikan Kepala Dinas KPP Kabupaten Nganjuk, Yusuf Satrio Wibowo, saat membuka Pembinaan Kelembagaan Gapoktan dalam rangka Pengembangan Lumbung Pangan Masyarakat tahun 2023 di Desa Mlilir, Kecamatan Berbek, pada Kamis (31/08/2023).

Dalam keterangannya Yusuf Satrio Wibowo menyampaikan, bahwa pembinaan ini juga menjadi suatu wadah untuk menampung aspirasi sekaligus membantu masyarakat anggota Gapoktan dalam memasarkan hasil produksi pangannya di saat menghadapi panen raya.

"Jadi, fungsi Dinas Ketahanan Pangan ini bertanggung jawab di sektor pangan pasca panen. Maksudnya setelah panen, kami (Dinas KPP) berusaha menjembatani para petani untuk mempromosikan produknya. Misalnya mempromosikan padi masuk ke Perum Bulog," ujarnya.

Baca Juga : Cegah Stunting, Dinas KPP Ajak Masyarakat Manfaatakan Tanah Pekarangan

Untuk itu, Mantan Staf Ahli Bupati Nganjuk tersebut mengajak Gapoktan Tri Mulya Tani Desa Mlilir untuk menjaga stok pangan di Kabupaten Nganjuk.

"Mari kita jaga bersama stok dan kedaulatan pangan ini melalui pengembangan lumbung pangan. Ini juga menjadi antisipasi kita dalam menghadapi krisis El Nino yang diperkirakan terjadi pada bulan Agustus hingga Oktober nanti," ajaknya.

Perlu diketahui dalam pembinaan kelembagaan lumbung pangan itu, Dinas KPP turut menghadirkam perwakilan dari Perum Bulog, Disperindag, Dinas Pertanian, dan pengembang lumbung pangan Desa Kenep, Kecamatan Loceret untuk memberikan solusi kepada masyarakat dalam mengoptimalkan berbagai aktivitas lumbung pangan dari hulu ke hilir. 

Baca Juga : Ciptakan Olahan Makanan Bervariatif, Dinas KPP Sukses Gelar Lomba Masak Ikan

"Artinya, pembinaan bagi petani diharapkan dapat membantu percepatan pengembangan lumbung pangan dan memperkuat eksistensi kelembagaan petani serta pengembangan bisnis dan korporasi petani," tambah Yusuf Satrio Wibowo.

Sementara itu, Kepala Desa Mlilir, Muhamad Sodiq, berharap pembinaan ini bisa membawa dampak positif bagi pertanian di wilayahnya, baik dampak dari segi pemasaran maupun harga pasca panen raya.

Selain itu, Muhamad Sodiq juga berharap dengan upaya-upaya ini bisa membawa kesejahteraan bagi masyarakat Nganjuk, khususnya para petani di wilayah Desa Mlilir dan Kecamatan Berbek.

"Semoga upaya pemerintah dalam mewujudkan ketahan pangan ini bisa tercapai dan hasil pertanian kita bisa sesuai dengan harapan. Misalnya harga stabil tidak menurun ketika panen raya," tutupnya.

Baca Juga : Terapkan B2B, Dinas KPP Berikan Pembinaan Pengelolaan Lumbung Pangan Gapoktan Kenep, Loceret

Di penghujung acara pembinaan, terlihat antusias dari masyarakat dalam memperoleh informasi terkait pendistribusian padi ke Bulog serta pengembangan lumbung pangan yang sudah diterapkan oleh Gapoktan Desa Kenep, Kecamatan Loceret untuk ditiru oleh Gapoktan Tri Mulya Tani Desa Mlilir, Kecamatan Berbek. (Hs/Ys)

0 Komentar