Jaga Ekosistem Sumber Daya Ikan, Dinas KPP Nganjuk Restocking Benih Ikan Tawes di Perairan Kalimati

Sebagai wujud gerakan makan ikan (Gemarikan) di wilayah Kabupaten Nganjuk

Nganjuk, PING- Pemerintah Kabupaten Nganjuk melalui Dinas Ketahanan Pangan dan Perikanan (KPP) menggelar kegiatan Restocking atau pelepasliaran benih ikan di wilayah perairan umum Kota Angin.

Perlu diketahui, restocking merupakan upaya penambahan stok ikan tangkapan untuk ditebarkan diperairan umum yang dianggap mengalami krisis akibat penangkapan ikan secara berlebihan. Sehingga nantinya dapat dipanen sabagai konsumsi masyarakat.

Demikian diungkapkan Kepala Dinas KPP Kabupaten Nganjuk, Yusuf Satrio Wibowo kepada PING usai restocking benih ikan tawes di perairan Kalimati, Desa Jatikalen Kecamatan Jatikalen, pada Selasa (21/03/2023) pagi.

Baca Juga : Cegah Stunting, DKPP Kampanyekan Gemarikan Pada Ibu Hamil, Menyusui, dan Baduta

Menurutnya, kegiatan restocking benih ikan ini sebagai wujud dari kepedulian pemerintah untuk membantu meningkatkan taraf hidup masyarakat dalam rangka menjaga kelestarian keberadaan ikan lokal di perairan umum. Sehingga keberadaanya bisa berkelanjutan.

“Ada 25.000 benih ikan tawes kita lepas liarkan di perairan Embung KUB Kalimatiwetan Jatikalen ini. Semoga kelestariannya tetap terjaga dan memberikan manfaat untuk masyarakat sekitar,“ tandasnya.

Yusuf Satrio Wibowo menjelaskan program restocking ini merupakan salah program pemerintah daerah dalam rangka mewujudkan masyarakat Kabupaten Nganjuk yang gemar memakan ikan (Gemarikan).

“Maka dari itu, ambil ikan secara alami, misalnya mancing. Jangan sampai menggunakan bom, poltas maupun setrum. Sehingga kandungan gizi dalam ikan bisa dirasakan manfaatnya untuk kesehatan tubuh,“ pungkas Mantan Stah Ahli Bupati Nganjuk itu.

Untuk itu, Yusuf Satrio Wibowo berharap melalui kegiatan ini dapat memberikan manfaat langsung. Sehingga mampu meningkatkan kesehatan dan kesejahteraan masyarakat dalam mengonsumsi kesediaan bahan baku ikan tangkapan.

Baca Juga : Gelar Pangan Murah, Plt Bupati Nganjuk Harap Kestabilan Harga Pangan Terjamin

“Semoga dengan dilakukannya pelepasliaran benih ikan ini, ekosistem sumber daya ikan tetap terjaga keberadaanya, lestari berkelanjutan untuk kebutuhan hidup sekarang dan kehidupan anak cucu kita yang akan datang,“ imbuhnya.

Sebagai informasi, selain restocking. Dinas KPP juga memberikan bantuan alat berupa jala dan waring kepada Pokdakan KUB Kalimatiwetan Jatikalen yang diserahkan langsung oleh Kepala Bidang Perikanan Dinas KPP Nganjuk, Novi Eka Fatmawati. (Hs/Ys)

 

0 Komentar