Jadikan Penyangga Lumbung Pangan Nasional, Pemkab Nganjuk Siap Tingkatkan Produktivitas Pertanian

Dengan Memperkuat Sarana dan Prasarana Penunjang Petani

Nganjuk, PING- Pembangunan sektor pertanian di Kabupaten Nganjuk kini lebih bangkit dan bersemangat lagi, dengan adanya program dari hibah dana bagi hasil cukai hasil tembakau (DBHCHT) tahun 2023. 

Semangat pembangunan pertanian tersebut, diperkuat dengan adanya bantuan sarana dan prasana oleh Pemerintah Kabupaten Nganjuk, dalam hal ini Dinas Pertanian kepada para petani tembakau. 

Kenapa demikian?, perlu diketahui, dana DBHCHT tersebut memang khusus diperuntukkan untuk wilayah maupun petani penghasil tembakau yang ada di Kabupaten Nganjuk.

"Alhamdulillah hari ini, kita menyerahkan bantuan 13 unit motor viar roda tiga kepada petani tembakau yang ada di Kecamatan Gondang, Sawahan, Lengkong dan Ngluyu," ujar Sekretaris Daerah Kabupaten Nganjuk, Nur Solekan, usai menyerahkan secara simbolis alat tersebut di halaman Dinas Pertanian Kabupaten Nganjuk, Jumat (24/11/2023).

Dikatakan Nur Solekan, selain 13 unit motor viar, juga ada 4 unit traktor serta pengeboran sumur dalam dan bantuan jalan usaha tani yang diberikan kepada petani tembakau tersebut.

"Tahun ini kurang lebih ada 3 milyar rupiah dari DBHCT yang diperoleh Pemkab Nganjuk untuk pembangunan disektor pertanian," tegasnya, sembari menyebut Pemkab Nganjuk juga akan memprioritaskan pembangunan BPP di wilayah Kecamatan Jatikalen. 

"Ini semua kita lakukan untuk membantu komoditas unggulan hasil pertanian yang ada di Kabupaten Nganjuk dengan tercukupinya kebutuhan perlatannya. Sehingga harapannya para petani bisa berkembang dan pertanian Kabupaten Nganjuk semakin eksis," harapnya. 

Sementara itu, Muslim Harsoyo selaku Kepala Dinas Pertanian Nganjuk menambahkan, dengan adanya bantuan ini bisa membantu para petani untuk menghemat biaya operasional. Sehingga, nantinya petani mendapat keuntungan sebesar-besarnya. 

"Melalui program yang kita inisiasi ini, diharapkan kedepan sektor pertanian di Kabupaten Nganjuk bisa menjadi penyangga lumbung pangan nasional," pungkasnya.

 

0 Komentar