"IVA TANTE CERDAS" Finalis Top Inovasi Publik Kovablik 2023

IVA TANTE CERDAS berjuang di penilaian TOP 3 KOVABLIK Jatim 2023 kategori kelompok khusus

Nganjuk, PING- Pj. Bupati Nganjuk Sri Handoko Taruna menyampaikan presentasi dan mengikuti sesi wawancara untuk inovasi "IVA TANTE CERDAS" pada Kompetisi Inovasi Pelayanan Publik (Kovablik) Jawa Timur tahun 2023 kelompok kategori khusus. Acara tersebut digelar secara virtual di Ruang Rapat Command Center Nganjuk, Kamis (12/10/2023).

Tampak hadir mendampingi adalah Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Nganjuk, dr. Hendriyanto dan Kepala Puskesmas Berbek/inovator Binti Qoniah, serta beberapa kepala perangkat daerah terkait.

Dalam paparannya dijelaskan bahwa IVA TANTE CERDAS (Iva Test Wanita Tersedia Secara Cepat Dekat Aman dan Sehat) adalah sebuah metode pemeriksaan untuk mendeteksi kanker mulut rahim secara dini dengan membentuk Club Sayang Wanita (CSW), membentuk mitra dan kerjasama  kelompok pengajian Fatayat dan Muslimat, Yang digagas oleh Puskesmas Berbek. IVA TANTE CERDAS merupakan metode pendeteksian dini kanker mulut rahim (Kanker Serviks). Inovasi layanan IVA TANTE CERDAS merupakan pioner pelayanan publik di Kabupaten Nganjuk yang dimulai tahun 2018.

Penyakit kanker mulut rahim menjadi perhatian khusus Kabupaten Nganjuk. Pasalnya, penyakit perempuan tertinggi kedua di Asia itu selama ini belum diikuti kesadaran tinggi dalam hal deteksi dini atau pemeriksaan.

“Kurangnya minat wanita untuk melakukan pemeriksaan Iva disebabkan oleh rasa malu dan takut serta jarak tempuh jauh membuat masyarakat enggan untuk periksa IVA. Hal ini menjadi tantangan kita sehingga perlu sebuah inovasi terobosan,” tuturnya

Lebih lanjut dijelaskannya, Implementasi inovasi terobosan dilakukan melalui 3 pendekatan diantaranya Gerakan Club Sayang Wanita yakni melalui kegiatan marketing IVA, kemudian Gerakan Pembentukan Mitra yakni melalui kerjasama dengan TP PKK, kepala desa dan kelompok pengajian Fayatat NU.

“Selain itu Gerakan Iva test yakni melalui pemeriksaan IVA di Polindes dan Pustu, rujukan IVA Positif serta penggunaan alat cryotherapy berdasarkan indikasi,” jelasnya

Menurutnya Iva Tante Cerdas terbukti dapat menurunkan angka kematian wanita akibat Kanker mulut rahim. Hasil inovasi Iva Tante Cerdas terlihat cakupan Iva meningkat tajam di tahun 2018 dan 2019. Pandemi Covid tahun 2020 hingga 2022 membuat cakupan Iva sempat mengalami penurunan. Akan tetapi mulai tahun 2023 gerakan IVA TANTE CERDAS bangkit kembali dengan menambahkan kegiatan sosialisasi Kegiatan Grebek IVA didalamnya, sehingga cakupan IVA mulai merangkak naik dan tidak ditemukan lagi masyarakat yang terdeteksi kanker mulut rahim dengan stadium terlambat.

Inovasi IVA TANTE CERDAS sudah diadopsi oleh 4 (empat) Kecamatan (Ngetos, Nganjuk, Loceret dan Sawahan) di Kabupaten Nganjuk. Inovasi ini dimulai awal  tahun 2018 di Kecamatan Berbek Kabupaten Nganjuk sebagai pilot project. IVA TANTE CERDAS sudah disosialisasikan di Kabupaten Nganjuk oleh Kepala Puskesmas Berbek bersama Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Nganjuk.

Terakhir Sri Handoko berharap semoga IVA TANTE CERDAS yang berjuang di penilaian TOP 3 KOVABLIK Jatim 2023 kategori kelompok khusus akan memberikan prestasi terbaik untuk Kabupaten Nganjuk. (cs/kr)

0 Komentar