Ikuti Pelatihan Memasak, Warga Payaman Diharapkan Mampu Kembangkan Kreatifitas di Bidang Kuliner

Dalam rangka meningkatkan gizi dan meningkatkan ekonomi masyarakat

Nganjuk, PING- Peningkatan Sumber Daya Manusia (SDM) menjadi prioritas utama bagi Kelurahan Payaman Kecamatan Nganjuk. Selain meningkatkan keterampilan dasar dalam mengolah makanan kuliner dan peningkatan ekonomi masyarakat, peningkatan gizi juga diperlukan. Guna mewujudkan program tersebut, Kelurahan Payaman mengadakan kegiatan pelatihan memasak aneka makanan kuliner kekinian.

Pelatihan ini dilaksanakan selama dua hari mulai Selasa (03/10/2023) dan Rabu (04/10/2023) bertempat di Aula Kelurahan Payaman Kecamatan Nganjuk. Kegiatan ini merupakan salah satu program kegiatan dari dana kelurahan tahun anggaran 2023.

Dalam sambutannya, Zaini, Lurah Payaman, mengungkapkan kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan gizi dan meningkatkan ekonomi masyarakat terutama di Kelurahan Payaman. Selain itu, juga untuk meningkatkan keterampilan dan bakat masyarakat.

“Saya berharap setelah mengikuti kegiatan pelatihan memasak ini peserta bisa mengembangkan ilmunya dengan memunculkan menu-menu baru kekinian yang banyak diminati masyarakat. Selain itu, agar pelatihan tersebut memberikan manfaat dan melahirkan usaha-usaha kecil yang bisa memberikan kontribusi dan pilihan menu baru kepada masyarakat,” tutur Zaini.

Dalam pelatihan tersebut, peserta diajari bagaimana cara mengolah hasil pertanian lokal/ setempat menjadi bermacam-macam jenis produk yang bervariasi dan lebih memiliki nilai ekonomis yang lebih tinggi.

Zaini menyampaikan, bahwa pelatihan yang dilaksanakan merupakan pokok pikiran (pokir) masyarakat untuk mengembangkan bakat, keterampilan, dan kreatifitas masyarakat. “Hal inilah yang mendorong Pemerintah Kelurahan Payaman untuk mengadakan pelatihan memasak untuk masyarakat setempat,” jelasnya.

Lebih lanjut, pihaknya membeberkan bahwa perkembangan usaha di kuliner ini sangat banyak diminati masyarakat setempat, hal inilah yang membuat masyarakat ingin mencari peluang usaha di bidang kuliner tersebut. “Perkembangan tersebut tampak dari semakin maraknya bisnis kuliner yang muncul, mulai dari usaha rumahan, kaki lima, hingga café dan restoran,” terang Zaini.

Sebagai informasi, hadir dalam kegiatan tersebut sebanyak 38 kader Posyandu Payaman, 27 warga Payaman yang terdiri dari ibu rumah tangga dan pengusaha makanan. Sementara itu, narasumber yang didatangkan adalah seorang pengusaha catering dari Kelurahan Payaman sendiri. (Cy/Cs)

0 Komentar