Hari Perpustakaan Sekolah Internasional, Kadis Arpus Kab. Nganjuk Ajak Siswa Hobi Membaca

Upaya Pemda Nganjuk melalui Dinas Kearsipan dalam meningkatkan mutu pelayanan untuk menarik minat baca masyarakat

Nganjuk, PING- Memperingatan Hari Perpustakaan Sekolah Internasional (18/10/2023), Perpustakaan Daerah Kabupaten Nganjuk berupaya meningkatkan mutu pelayanan yang diberikan pada masyarakat. Diah Puspita Rini, selaku Kepala Dinas Kearsipan dan Perpustakaan memberi tanggapan terkait dengan peringatan tersebut.

Di tengah pesatnya perkembangan media sosial, pihaknya melakukan berbagai upaya untuk meningkatkan minat baca anak. Diah menjelaskan, kini Perpustakaan Daerah Nganjuk banyak melakukan kerjasama dengan sekolah-sekolah yang ada di Kabupaten Nganjuk.

Baca Juga : Peringati Hari Kunjung Perpustakaan, Dinas Arpus Kenalkan Gedung Baru Perpustakaan Daerah Nganjuk

“Kita juga bekerjasama dengan sekolah-sekolah untuk pengadaan buku pustaka, kemudian juga pelayanan perpustakaan dengan mobil keliling dalam rangka mendekatkan pelayanan pada masyarakat, khususnya anak sekolah,” tutur Diah.

Selain itu, pihaknya juga melakukan pembinaan ke sekolah untuk melakukan kegiatan pinjam buku ke perpustakaan. Terdapat pula fasilitas mobil keliling yang disediakan, seperti Dongkel Beras atau 'dongeng cerita bersama anak sekolah', dilakukan berdasarkan permintaan dari pihak sekolah.

Sekolah yang sudah melakukan kerjasama akan dilakukan penjemputan pada siswanya, kemudian diantar ke museum, tempat-tempat bersejarah di Nganjuk, dan terakhir melakukan kunjungan ke perpustakaan.

“Fasilitas mobil keliling itu untuk sekolah-sekolah yang jauh dari pusat Kota Nganjuk, sudah diberi jadwal sesuai dengan permintaan dengan pihak sekolah,” jelas Diah.

Ada juga program Martabak atau membaca beragam cerita anak sekolah, program ini khusus untuk anak PAUD, TK, dan SD kelas 1. Di Perpusda sendiri sudah disediakan ruangan khusus untuk anak, di sana ada petugas yang bertugas menceritakan dongeng pada anak, mainan edukatif, serta buku bacaan yang sesuai dengan usia anak.

Baca Juga : Tumbuhkan Minat Baca Anak, Dinas Arpus Primakan Layanan Perpustakan

Untuk menarik minat masyarakat, gedung baru Perpusda Nganjuk juga sudah dilengkapi dengan ruangan khusus anak, ruangan khusus disabilitas, ruangan baca umum yang luas, serta ruangan-ruangan yang bisa digunakan untuk kegiatan komunitas.

Pihak Dinas Kearsipan dan Perpustakaan juga sedang menyiapkan fasilitas lain untuk penyandang disabilitas seperti komputer dan buku braille.

“Kita nanti juga akan membangun gedung khusus untuk audiovisual, jadi disana kita nanti bisa berikan cerita bergambar, film bersejarah, dan film tentang ilmu pengetahuan seperti di teater, sehingga masyarakat akan lebih tertarik untuk datang ke perpustakaan,” terangnya.

Diah menjelaskan, minat baca masyarakat Nganjuk sudah cukup baik. Per harinya, Perpusda menerima kunjungan lebih dari 100 anak TK/PAUD, serta 50 siswa SD/SMP/SMA.

Bagi masyarakat yang ingin berkunjung ke Perpustakaan Daerah Nganjuk, gedung barunya kini berlokasi di Jl. Mastrip, Gg. 2. Buka setiap hari Senin-Kamis pukul 08.00-16.00 WIB, hari Jumat pukul 08.00-14.00 WIB, dan hari Sabtu dan Minggu pukul 08.00-12.00 WIB.

Bisa juga datang ke Tabamas (Taman Bacaan Masyarakat) yang buka setiap hari Minggu pukul 08.00-12.00, di Alun-Alun Nganjuk, bertepatan dengan acara car free day.

0 Komentar