Hadiri Kegiatan Kelembagaan, Kang Marhaen : Terimakasih untuk Perkembangan Loceret yang Semakin Baik

Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan kapasitas lembaga desa dalam menjalankan tugas dan fungsinya

Nganjuk, PING- Bupati Nganjuk, Marhaen Djumadi, menghadiri sekaligus membuka acara kegiatan pembinaan kelembagaan untuk kepala desa, perangkat desa, BPD, LPM, dan RT/RW Kecamatan Loceret Tahun 2023, pada Rabu (20/09/2023) bertempat di Monumen DR. Soetomo, Ngepeh, Loceret. 

Hadir dalam kegiatan tersebut Kepala Asisten Pemerintahan dan Kesra Kabupaten Nganjuk, Danramil, Kapolsek, Kepala Dinas PMD Nganjuk, Kepala Desa Ngepeh, Camat Loceret beserta jajaran, dan tamu undangan.

Bupati Nganjuk dalam sambutannya membeberkan bahwa Nganjuk sekarang ini sudah mulai berkembang, baik dari segi fisik maupun non fisiknya. 

"Alhamdulillah Loceret aman dan saya berterimakasih atas perkembangan yang semakin hari semakin baik ini," ungkap Kang Marhaen. 

Dikesempatan yang sama, Marhaen juga menyampaikan budaya yang bagus harus kita sistemkan salah satunya dengan menggunakan Nganjuk Smart City (NSC). 

"Jenengan bisa berinteraksi, bisa mengurus SIM, mengurus data Dispendukcapil hanya dengan satu genggaman menggunakan aplikasi NSC, sehingga lebih enak dan mudah," tuturnya. 

Lebih lanjut Kepala Asisten Pemerintahan dan Kesra, Samsul Huda, menyampaikan sebagai pemerintah desa dan lembaga kemasyarakatan desa harus paham akan sumber daya manusia (SDM) yang ada. Hal ini sudah tercantum dalam UU.

"Ini nanti perlu diperbaiki terus nggeh Pak Camat dalam membentuk sebuah tim di desa supaya kegiatannya ini akuntabel, jadi pertanggungjawabannya itu jelas. Ini harus dilaksanakan untuk menjawab tuntutan masyarakat," terang Samsul.

Sementara itu Puguh Hernanto, Kepala Dinas PMD Nganjuk, sekaligus narasumber dari kegiatan tersebut menyampaikan bahwa selama ini Dinas PMD tidak hentinya memberikan fasilitas kepada masyarakat. 

Salah satunya dengan bina pemerintahan desa yaitu memfasilitasi perangkat desa termasuk di dalamnya administrasi desa. Hal tersebut sudah sesuai dengan UU No. 6 tahun 2014 tentang desa. 

Terakhir, Puguh berharap kepada pemerintah desa untuk bisa memberikan informasi yang jelas untuk masyarakat karena pemerintah desa adalah badan publik yang melayani masyarakat sesuai dengan tugas pokok dan fungsinya. (CY/KUR/YS)

0 Komentar