Hadiri Bersih Desa Jatirejo, Bupati Nganjuk Sapa Warga

Sebagai bentuk rasa syukur kita kepada Allah SWT

Nganjuk, PING- Bupati Nganjuk Marhaen Djumadi beserta jajarannya, Camat Loceret, Kepala Desa Jatirejo dan unsur Forkopimcam Kecamatan Loceret menghadiri acara suroan dan bersih desa/ nyadran, Jum'at (04/08/2023) bertempat di Punden Desa Jatirejo Kecamatan Loceret. 

Kegiatan yang dilaksanakan pada bulan suro ini sebagai bentuk rasa syukur kita kepada Allah SWT, melestarikan budaya dan tradisi untuk mengenang jasa para leluhur kita yang telah berjasa. Serta bertujuan untuk mendapatkan berkah dan menangkal datangnya marabahaya.

"Sepanjang bulan Suro masyarakat Jawa meyakini untuk terus bersikap eling (ingat) dan waspada. Eling disini memiliki arti manusia harus tetap ingat siapa dirinya dan dimana kedudukannya sebagai ciptaan Tuhan. Sementara, waspada berarti manusia juga harus terjaga dan waspada dari godaan yang menyesatkan,” ungkap Kang Marhaen. 

Lebih lanjut, Kang Marhaen menyebut nyadran atau bersih desa adalah penting. Kita maknai sebagai ungkapan syukur kepada Allah SWT atas segala nikmat yang diberikan.

Baca Juga: Kang Marhaen Buka dan Hadiri Kegiatan Bersih Desa Ngujung Kecamatan Gondang

Kang Marhaen menghimbau agar moment suroan ini dapat dimanfaatkan untuk kegiatan bersih-bersih baik di lingkungan rumah, desa, kecamatan hingga kabupaten. 

“Semoga masyarakat Desa Jatirejo selalu kompak, guyup rukun. Mari terus dijaga kekompakannya dan mudah-mudahan diberi kesehatan. Karena dengan kekompakan dan kesolidan masyarakat Desa Jatirejo, maka semua permasalahan bisa diselesaikan.,” pungkasnya.

Selanjutnya, Kepada warga jawa diharapkan untuk dapat melestarikan budaya Jawa yang sekarang sudah mulai tergerus oleh perkembangan zaman.

Selain akan memberikan dampak positif bagi daerah, pelestarian budaya juga sebagai pengingat. Terutama, kepada generasi muda harus tetap tahu apa itu bersih desa/ nyadran sebagai budayanya. (RL/CY)

Baca Juga: Hadir Nyadran Kelurahan Kramat, Bupati Marhaen Resmikan Balai Ki Ageng Kramat

0 Komentar