Hadir Rapat Pleno DPSHP, Camat Pace Ajak Masyarakat Berpartisipasi Aktif Sukseskan Pemilu 2024

Ikut memastikan nama kita (masyarakat) terdaftar dalam daftar data pemilih pemilu 2024

Nganjuk,PING - Tahapan pemilu 2024 yang akan dilaksanakan pada tanggal 14 Februari 2024 terus berjalan. Memasuki tahapan penyusunan daftar pemilih, Camat Pace, Ida Shobihatin, mengajak masyarakat untuk aktif dan berpartisipasi dalam menyukseskan pemilu serentak di wilayah Kabupaten Nganjuk.

"Pastikan bahwa nama bapak/ibu semua sudah tercatat di dalam daftar pemilih. Ini penting agar dapat menggunakan hak pilih panjenengan untuk memilih dalam pemilu 2024 mendatang," kata Ida Shobihatin saat memberikan sambutan pada acara rapat pleno terbuka rekapitulasi Daftar Pemilih Sementara Hasil Perbaikan (DPSHP) tingkat PPK Kecamatan Pace, Rabu (10/5/2023) di Pendopo Kecamatan Pace.

Menyukseskan pemilu 2024 adalah wajib bagi kita semua. Tidak hanya tugas PPK dan PPS, tapi tugas kita bersama, kepala desa, dan pemerintah desa juga harus ikut aktif mendukung suksesnya pesta demokrasi 2024.

"Ini adalah gawe kita bersama untuk pemilu ini bisa berjalan dengan sukses. Bukan hanya tugas PPK dan PPS tapi seluruh komponen yang ada bersama-sama ikut bertanggungjawab agar data ini benar benar-benar valid," bebernya.

"Pemerintah desa sebagai pemangku wilayah, PPS dan PPK harus aktif berkomunikasi dan koordinasi dengan perangkat desa masing-masing utamanya kaitannya dengan jiwa dan jumlah penduduk setempat," tandasnya.

Baca Juga: Hadiri Pelantikan PPS Kabupaten Nganjuk Tahun 2024, Kang Marhaen: PPS adalah Ujung Tombak Pemilu

Ida berharap penyelenggara pemilu dari tingkat desa (PPS) dan tingkat kecamatan (PPK) juga harus selalu aktif dalam menyosialisasikan beberapa tahapan pemilu kepada masyarakat.

"Jangan sampai ada data kesingsal atau masyarakat tidak terdata dalam pemilih pemilu. Sehingga data harus benar-benar valid. Semua terdata," imbuhnya.

PPK Kecamatan Pace menyerahkan hasil rapat pleno terbuka DPSHP kepada perwakilan peserta pemilu

Sementara itu, Abrar selaku Devisi Bidang Data PPK Kecamatan Pace menyampaikan dari hasil pleno rekapitulasi DPSHP hari ini (10/3) total ada 51.411 jiwa pemilih yang terdaftar di 18 desa se-Kecamatan Pace. "Setelah penetapan DPSHP tingkat kecamatan, selanjutnya akan diplenokan di tingkat KPU Kabupaten," ungkapnya.

Baca Juga: Hadir Pelantikan PPK, Kang Marhaen Harapkan Wujudkan Pemilu Damai, Aman dan Nyaman di Kota Bayu

Abrar menambahkan, dari data DPSHP masih dapat berubah sebelum ditetapkannya DPT (daftar pemilih tetap) oleh KPU. Masih akan ada perbaikan-perbaikan dari tanggapan atau masukan masyarakat.

"Misalnya ada masyarakat yang pindah atau datang, tentunya akan ada data tambah (karena datang) dan data berkurang (karena pindah). Atau yang lainnya karena meninggal dunia misalnya," tambahnya.

Untuk itu, pihaknya mengajak masyarakat/pemilih untuk ikut aktif dalam memberikan tanggapan masukan jika belum terdaftar dalam daftar pemilih sementara. "Cek nama kita sudah terdaftar atau belum di laman KPU Cek DPT online, pastikan nama kita sudah terdaftar di TPS masing-masing," imbuhnya.

Jika belum terdaftar sebagai pemilih, Abrar mengatakan, masyarakat dapat melaporkan kepada penitia pemungutan suara (PPS) di desa/kelurahan masing-masing. "Wajib dan bisa masuk daftar pemilih jika usia kita sudah genap 17 tahun,"tutupnya.

Sebagai informasi hadir juga dalam rapat pleno DPSHP, jajaran Forpimcam Kecamatan Pace, Sekretaris PPK Kecamatan Pace, Ketua Pengawas Pemilu (Panwaslu) Pace, serta Ketua PPS beserta Anggota se Kecamatan Pace. Juga turut hadir perwakilan dari partai peserta pemilu.

0 Komentar