Gerakan Pangan Murah Dinas KPP : Harga Bahan Pokok Murah Warga Sumringah

Menjaga stabilitas harga pangan dan menekan laju inflasi daerah

Nganjuk, PING- Demi menjaga stabilitas harga pangan dan menekan laju inflasi daerah, Pemerintah Kabupaten Nganjuk melalui Dinas Ketahanan Pangan dan Perikanan (KPP) Nganjuk, untuk kesekian kalinya menggelar Gerakan Pangan Murah (GPM) di Kecamatan Loceret tepatnya di halaman depan Bumdesma Djati Mart, Selasa (7/11/2023).

Hadir terjun langsung ke lokasi GPM yakni Kepala Dinas KPP, Staf Ahli Bupati, Tim TPID, Forpimcam Loceret beserta jajaran.

Kepala Dinas KPP, Yusuf Satrio Wibowo, menyampaikan terima kasih dan apresiasi setinggi-tingginya kepada Tim Pengendali Inflasi Daerah (TPID) Kabupaten Nganjuk, Perum BULOG, ID FOOD, serta beberapa pihak terkait atas sinergi serta kolaborasinya, sehingga terlaksana kegiatan 
Gerakan Pangan Murah ini. 

Baca Juga : Rasakan Manfaatnya, Masyarakat Patianrowo Antusias Ikuti Gerakan Pangan Murah

"Hari ini kami lakukan GPM di dua kecamatan yaitu Kecamatan Loceret dan Kecamatan Pace. Alhamdulillah kegiatan GPM ini sebagai wujud perhatian dan komitmen Pemerintah Kabupaten Nganjuk untuk meringankan beban masyarakat dalam mendapatkan bahan pangan pokok berkualitas dengan harga yang terjangkau di tengah tren melonjaknya harga pangan pokok akibat fenomena El Nino yang melanda hampir di seluruh wilayah Indonesia," ujar Kadis Yusuf.

Yusuf mengatakan, melonjaknya harga bahan pokok saat ini seperti beras, gula, minyak goreng, dan cabai rawit merupakan dampak fenomena El Nino. Sehingga menyebabkan terjadinya inflasi harga pangan, tentunya akan sangat membebani kemampuan keuangan rumah tangga. "Maka hal ini menyebabkan berkurangnya daya beli masyarakat terutama dari kalangan keluarga kurang mampu," tuturnya.

Guna menyikapi hal tersebut, Pemerintah Daerah Kabupaten Nganjuk melalui Tim Pengendali Inflasi Daerah, mengambil langkah dengan melakukan Gerakan Pangan Murah atau GPM ini. "Gerakan Pangan Murah merupakan salah satu upaya pemerintah dengan tujuan stabilisasi  pasokan dan harga serta pengendalian inflasi pangan agar masyarakat memiliki daya beli untuk mendapatkan bahan pangan pokok dengan harga yang relatif lebih murah dari harga pasar namun berkualitas," urainya.

Pihaknya lantas mengajak serta mengimbau masyarakat Kecamatan Loceret untuk  memanfaatkan adanya GPM ini dengan sebaik-baiknya. Artinya, membeli sesuai dengan kebutuhan bukan atas keinginan. Dia berharap dapat membantu meringankan masyarakat dengan kegiatan GPM tersebut. 

"Mohon adanya GPM ini supaya bisa dimanfatkan dengan baik. Belilah barang sesuai kebutuhan jenengan, jangan membeli karena keinginan saja. Semoga hari ini membawa manfaat dan mampu meringankan masyarakat," harapnya.

Baca Juga : Akan Dilaksanakan di Setiap Kecamatan, Pj. Bupati Handoko Launching Gerakan Pangan Murah Berkualitas

Sementara itu, Camat Loceret, Sukirno menyambut positif kegiatan tersebut. Dirinya juga mengucapkan terima kasih atas hadirnya Pemkab Nganjuk melalui Dinas KPP dalam meringankan beban warganya di tengah melonjaknya harga pangan ini.

"Kami atas nama Forpimcam Loceret sangat berterima kasih kepada Pemkab Nganjuk khususnya Dinas Ketahanan Pangan dan tim pengendali pangan yang sudah mengadakan acara ini. Gerakan Pangan Murah ini disambut antusias oleh warga kami, alhamdulillah," tutur Camat Sukirno.

Camat Sukirno berharap atas kegiatan ini dapat terus dilaksanakan karena hal tersebut sangat berarti bagi warganya dalam memenuhi kebutuhan keluarga sehari-hari. "Semoga warga kami terbantu dengan adanya kegiatan hari ini. Karena ini sangat berarti bagi masyarakat kami. Kegiatan positif ini semoga terus berlanjut untuk keberlangsungan hidup di tengah kenaikan inflasi," pungkasnya.(Zk/Yos/Cs/Nr)

0 Komentar