Gelar Pangan Murah, Plt. Bupati Nganjuk Harap Kestabilan Harga Pangan Terjamin

Dengan seruan bangga membeli produk asli Kota Angin

Nganjuk, PING- Rabu (15/03/2023), Plt. Bupati Nganjuk, Marhaen Djumadi, secara resmi membuka kegiatan gelar pangan murah berkualitas yang diselenggarakan oleh Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Provinsi Jawa Timur bersama Dinas Ketahanan Pangan dan Perikanan Kabupaten Nganjuk, di Gor Bung Karno, Begadung.

Gelar pangan murah berkualitas tersebut menyediakan sejumlah kebutuhan pokok warga mulai dari beras program Stabilisasi Pasokan dan Harga Pangan Beras (SPHP), minyak goreng “Minyakita”, gula, daging ayam, bawang merah, bawang putih, aneka olahan hasil pertanian dan perikanan dengan harga yang terjangkau namun berkualitas. Pembukaan ditandai dengan pemotongan pita oleh Plt. Bupati Nganjuk.

Baca Juga : Cegah Stunting, DKPP Kampanyekan Gemarikan Pada Ibu Hamil, Menyusui, dan Baduta

Dalam sambutannya, Marhaen Djumaedi menyampaikan apresiasi atas diselenggarakan giat pangan murah berkualitas ini. Menurutnya, gelar pangan berkualitas tersebut merupakan upaya pemerintah dalam memudahkan masyarakat untuk memperoleh bahan pangan pokok dengan harga yang terjangkau. “Ini bukan gratis, tetapi harganya lebih terjangkau dan murah,“ tuturnya.

Selain itu dijelaskan Kang Marhaen, bahwa kegiatan tersebut juga salah satu upaya untuk mengendalikan harga pangan di tingkat konsumen atau stabilisasi harga pangan pokok sehingga masyarakat bisa memenuhi kebutuhan pokoknya dengan harga terjangkau. 

“Seperti yang sudah kita lakukan pada bulan Februari lalu, yakni operasi pasar. Karena itu, stabilitas harga pangan menjadi salah satu tujuan prioritas pemerintah. Mengingat sebentar lagi bulan suci Ramadhan dan Hari Raya Idul Fitri," ungkapnya.

Lebih lanjut, Dia berharap dengan adanya kegiatan seperti ini, mampu memulihkan perekonomian masyarakat, dengan seruan kita bangga produk Nganjuk. Artinya, ayo kita beli produk Nganjuk!. “Seperti kita beli beras asli produk Nganjuk, sehingga perekonomian di Kabupaten Nganjuk bisa lebih sejahtera,“ imbuhnya.

Pada kesempatan yang sama, Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Perikanan Kabupaten Nganjuk, Yusuf Satrio Wibowo, menegaskan bahwa sebagai Tim TPID Kabupaten Nganjuk, pihaknya berupaya untuk menjaga dan mengendalikan ketersedian serta harga pangan di wilayah Kabupaten Nganjuk.

Gelar pangan murah tersebut menyediakan beras program Stabilisasi Pasokan dan Harga Pangan Beras (SPHP)

“Tentunya pangan yang disajikan dalam gelar pangan murah ini adalah pangan yang bergizi, sesuai dengan ketentuan pemerintah pusat, yakni B2SA pangan aman, bergizi dan berkualitas,“ tuturnya

Baca Juga : Ikuti Panen Raya Satu Juta Hektar, Pemkab Branding Nganjuk Sebagai Penyangga Lumbung Pangan Nasional

Sementara itu, Pudjiati Ningsih, selaku Kepala Bidang Ketahanan Pangan Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Provinsi Jawa Timur, menyampaikan bahwa giat ini merupakan program prioritas Gubernur Jatim.

“Sebagai upaya untuk menjaga stabilitas harga bahan pangan pokok, sehingga bisa membantu masyarakat Kabupaten Nganjuk dalam mengaksesbilitas pasokan bahan pangan dengan harga yang murah,“ tambah Pudjiati Ningsih.

Sebagai informasi, hadir dalam acara tersebut Jajaran Forkopimda Kabupaten Nganjuk, Asisten Perekonomian dan Pembangunan Pemkab Nganjuk Yudi Ernanto, Kepala OPD terkait, Camat Nganjuk Hari Moektiono beserta Forkopimcam Nganjuk. (Hs/Ys/Nr)

Baca Juga : Tingkatkan Kolaborasi, Dinas Pertanian Siap Sukseskan Panen Raya Satu Juta Hektare

 

0 Komentar