Gandeng Admin OPD dan Pelajar, Pemkab Nganjuk Adakan Bimtek Keprotokolan dan Bijak Bermedia Sosial

Cetak tenaga handal di bidang keprotokolan dan sosial media branding

Nganjuk, PING- Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Nganjuk melalui Asisten Administrasi Umum Setda Nganjuk menggelar Bimbingan Teknis (Bimtek) Keprotokolan dan Bijak Bermedia Sosial bertajuk Gathering Pemuda Anjuk Ladang (Gampang) 2.0 tahun 2023, bertempat di Pendopo Kabupaten Nganjuk, Senin (13/11/2023).

Peserta Gampang 2.0 ini adalah perangkat daerah nganjuk dan siswa SMA/SMK/MA se-Kabupaten Nganjuk. Diikuti oleh admin atau kontributor media sosial di setiap perangkat daerah dan masing-masing sekolah. Dengan jumlah total peserta 300 orang. Rinciannya 150 orang admin OPD dan Kecamatan dan 150 orang siswa SMA/SMK/MA di Kota Angin.

Plt. Asisten administrasi umum, Suharono selaku Panitia Kepala Pelaksana Kegiatan, dalam laporannya mengatakan, tujuan bimtek ini adalah untuk meningkatkan skill keterampilan bagi petugas keprotokolan di masing- masing OPD. 

Baca Juga : Pj. Bupati Nganjuk : Fokus Kita Meningkatkan Layanan Sehat Pasiennya Lengkap Adminduknya

Mereka diharapkan, akan menjadi tenaga handal di bidang media sosial, keprotokolan dan atau MC pada suatu kegiatan di masing-masing OPD maupun sekolahan. 

"Dengan terlaksananya Gathering Muda Anjuk Ladang, diharapkan meningkatkan kesadaran informasi mengenai bijak bermedia sosial dan meningkatkan potensi pemuda anjuk ladang dalam bidang MC dan keprotokolan," ucapnya

Sementara itu, hadir membuka acara Pj. Bupati Nganjuk, Sri Handoko Taruna, dalam arahannya menyampaikan ada dua poin yang harus dimiliki oleh admin atau kontributor sebagai protokoler dan konten media.

Protokoler atau pengatur pelaksanaan suatu kegiatan baik dalam kedinasan/kantor maupun masyarakat. Adalah garda terdepan dalam mengawal dan memastikan kegiatan dapat berjalan baik dan lancar. 

Oleh karena itu, kata Sri Handoko Taruna, para protokol harus mampu dengan benar memahami dan mengerti aturan atau tata cara dalam suatu susunan acara kegiatan. “Terkadang kalau kita tidak mengetahui hal–hal tersebut, kita merasa sudah melakukan dengan benar tetapi ada aturan atau tata cara yang harus kita lalui, jadi ini penting untuk dipelajari," tuturnya.

Baca Juga : Kurangi Angka Laka Lantas, Dishub Nganjuk Sediakan Layanan Angkutan Sekolah Gratis

Selanjutnya, diakui Pj. Bupati, saat ini kader protokol di Kabupaten Nganjuk sudah mulai terbatas, melalui kegiatan bimtek ini diharapkan bisa menjadi support, supply atau penambah kekuatan baru di Kabupaten Nganjuk untuk keprotokolan.

Kemudian, selain bidang keprotokolan, di era digital seperti sekarang ini, bagi Sri Handoko Taruna, bijak dalam bermedia sosial juga perlu untuk diperhatikan.

“Kita tidak boleh gampang mudah meng-share atau melanjutkan berita yang menurut kita belum tahu akan kebenarannya. Apakah berita itu sudah benar atau salah. Ini yang perlu kita jaga betul,” imbaunya.

Namun, Sri Handoko melanjutkan bahwa era digital, era industri 4.0 yakni era dimana mau tidak mau harus dilewati dan harus dirasakan juga memiliki dampak positif bagi kita. 

"Dampak positifnya adalah memudahkan dalam aktifitas, memudahkan dalam berkomunikasi, serta memudahkan dalam meningkatkan kinerja. Namun dampak negatifnya yakni yang paling tidak sadar kita laluinya adalah tentang berita bohong atau hoaks, tentang ujaran kebencian, tentang sesuatu yang sebenarnya tidak benar karena diulang-ulang di media sosial dan disampaikan secara terus menerus akhirnya menjadi keyakinan warga kita menjadi kebenaran. Oleh karenanya saya berpesan untuk sama-sama bijak dalam bermedia sosial," jelasnya.

Baca Juga : Bangga, Pj. Bupati Nganjuk Buka Pelatihan Aplikasi SEPAKAT BAPPENAS

"Inilah menjadi konteks penting kita melakukan kegiatan hari ini, selain keprotokoleran ada lagi bijak bermedia sosial. Melalui kegiatan Gampang 2.0 teman-teman diharapkan bisa menjadi agen, bisa menjadi contoh, bisa menjadi pemberi informasi ke sekeliling untuk bisa bijak bermedia sosial. Manfaatkan acara ini menjadi sebuah potensi yang baik dan bisa mentransfer ilmu ini pada teman-teman sekitarnya. Karena sosial media sudah menjadi bagian kehidupan kita," pungkasnya.

Sebagai informasi, turut hadir dalam acara tersebut Sekda Nganjuk Nur Solekan, narasumber dari Biro Adminstrasi Pimpinan Setda Provinsi Jawa Timur Hatta Amrulloh, Komisi I DPRD Nganjuk Burhanudin El Arief, Staff Ahli Bupati Nganjuk, Asisten di lingkungan Setda Nganjuk, tamu undangan dari OPD dan SMA/SMK se Kabupaten Nganjuk. (Zk/Kr/Rl)

0 Komentar