Gandeng 13 Dunia Industri, BKK SMKN 2 Nganjuk Gelar Gebyar Ayo Kerja

Ada 1.080 peserta yang telah mengisi google form dan berminat untuk ikut dalam kegiatan Gebyar Ayo Kerja

Nganjuk, PING - SMKN 2 Nganjuk kembali membuat gebrakan. Sekolah yang ada di Jl. Lawu 3 Kelurahan Kramat, Kota Nganjuk itu menggelar bursa kerja dengan tagline “Gebyar Ayo Kerja”, Selasa (7/3/2023). Yang membanggakan, ada ribuan pendaftar baik dari alumni maupun siswa yang masih aktif.

Pembukaan Gebyar Ayo Kerja digelar di lapangan sekolah. Sedikitnya ada 13 dunia usaha dan dunia industri (DuDi) yang juga berpartisipasi dalam kegiatan yang diinisiasi Bursa Kerja Khusus (BKK) sekolah tersebut. “Kami persiapkan ini hanya dalam satu minggu, alhamdulillah peminatnya luar biasa,” ungkap Yatini Kepala SMKN 2 Nganjuk.

Baca Juga : Kang Marhaen Buka Job Fair, Sediakan Ribuan Lowongan Kerja

Yatini menjelaskan, pihaknya memang ingin membuat sesuatu yang berbeda melalui Gebyar Ayo Kerja. Biasanya informasi mengenai pembukaan lowongan kerja melalui kerjasama dengan Dudi dilakukan secara bergilir. “Kali ini, kami buat serentak sehingga para pencari kerja bisa lebih leluasa dalam mencari informasi selengkap-lengkapnya tentang lowongan yang mereka minati,” terang Yatini.

Selama melakukan sosialisasi, tidak hanya siswa SMK aktif yang menjadi sasaran. Namun pihaknya juga menyosialisasikan kepada para alumni dan lembaga lainnya. Hasilnya ada 1.080 peserta yang telah mengisi google form dan berminat untuk ikut dalam kegiatan Gebyar Ayo Kerja. Mereka tidak hanya dari SMK, tapi juga ada lulusan seperti SMA. Bahkan diantaranya ada yang dari Kediri, Jombang dan Madiun. “Ya semoga, kegiatan ini bisa bermanfaat untuk siswa maupun khalayak di luar sekolah kami yang membutuhkan kerja,” imbuhnya. 

Yatini menambahkan, 13 Dudi yang berpartisipasi dalam kegiatan kemarin diantaranya: PT. Sumber Alfaria Trijaya Tbk; PT. Sukses Abadi Indonesia dengan PT. IndoPrima Gemilang; PT. PNM Mekar Nganjuk; PT. DAN Group Nganjuk; PT. PAN Brother Sragen; PT. Kharisma Baru Indonesia; Luwes Swalayan Nganjuk; FIF Group; PT. Dana Mandiri Sejahtera dan Klinik Dr. Pram. “Totalnya ada 500 lebih kuota lowongan yang dibutuhkan oleh perusahaan. Kami berterima kasih kepada semua perusahaan yang bekerjasama dalam kegiatan ini,” terangnya.

Baca Juga Ingin Bekerja? Yuk Ikuti Job Fair 2023 di Gor Bung Karno Nganjuk

Inovasi dan gebrakan SMKN 2 Nganjuk dengan menggelar Gebyar Ayo Kerja mendapat apresiasi dari Cabdindik Provinsi Jatim Wilayah Nganjuk. “Ini sangat bagus sekali dan layak dikembangkan di sekolah lain. Lembaga lain juga perlu melakukan seperti ini,” terang Adi Prayitno, Plt Kacabdindik. 

Adi menambahkan, apa yang dilakukan oleh SMKN 2 Nganjuk merupakan wujud nyata sinergitas lembaga dengan dudi. Termasuk sebagai dukungan dalam membantu pemerintah mengurangi pengangguran.

Hal senada juga diungkapkan oleh Supiyanto, Kepala Dinas Ketenagakerjaan Kabupaten Nganjuk. Menurut Supiyanto, dengan banyaknya perusahaan atau pabrik baru di Nganjuk, tentu dibutuhkan banyak informasi dan sinergi untuk penyerapan tenaga kerja. “Seperti Gebyar Ayo Kerja ini merupakan ruang yang bagus, sehingga antara perusahaan dan yang membutuhkan kerja bisa bertemu langsung,” terangnya.

Baca Juga : Melalui Forum Perangkat Daerah, Disnaker Sinergi Susun Renstra Tahun 2024-2026

Selain sukses menggelar Gebyar Ayo Kerja, Dra. Yatini selama memimpin SMKN 2 Nganjuk telah melakukan berbagai terobosan dan inovasi. Ini menjadikan SMKN 2 Nganjuk sebagai salah satu sekolah kejuruan terbaik di Nganjuk.

Sumber : Radar Nganjuk

0 Komentar