Dukung Penuh, Disporabudpar Harap Ramadhita Putra Purnomo Juara Pemuda Pelopor Nasional

Lolos di tingkat Provinsi Jawa Timur, Rama Maju ke Tingkat Nasional

Nganjuk,PING- Kepala Dinas Kepemudaan, Olahraga, Kebudayaan dan Pariwisata (Kadisporapar) Kabupaten Nganjuk, Sri Handariningsih mengharapkan Ramadhita Putra Purnomo, nominator pemuda pelopor bidang inovasi dan teknologi dapat menjadi juara naional mewakili Provinsi Jawa Timur.

Sebelumnya, Rama sapaan akrab Ramadhita Putra Purnomo telah dinyatakan lolos pada  seleksi wawancara dan fact finding pemuda pelopor tingkat Provinsi Jawa Timur tahun 2023. Rama dinyatakan lolos dan berhak mewakili Jawa Timur, maju ke tingkat Nasional setelah mengikuti beberapa tahapan penilian dari tim Provinsi Jawa Timur.

“Kami yakin dan optimis Rama (Pemuda Pelopor Nganjuk) bisa lolos di Tingkat Nasional dan juara 1,” tutur  Sri Handariningsih melalui Adi, Analis Kebijakan Ahli Muda, Senin (3/7/2023).

Baca Juga: Lolos Fact Finding, Ramadhita Putra Purnomo Pemuda Pelopor Nganjuk Maju ke Tingkat Nasional

Ia mengharap doa dan dukungan warga Kabupaten Nganjuk agar Rama bisa lolos menjadi pemuda pelopor tingkat Nasional, “mohon doanya semoga perwakilan dari Kabupaten Nganjuk bisa lolos mewakili Jawa Timur pada tingkat Nasional,” harap Adi.

Saat ini, kata Adi, Disporabudpar Kabupaten Nganjuk bersama dengan Rama tengah menyiapkan beberapa persiapan guna mengikuti seleksi wawancara dan fact finding dari Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) Republik Indonesia (RI).

“Saat ini kami sedang melakukaan koordinasi dengan pihak-pihak terkait untuk kesiapan menyambut fact finding dari Kementerian. Sementara untuk waktunya kami masih menunggu informasi lebih lanjut,” tuturnya.

“Semoga semua dapat berjalan dengan baik dan lancar. Kami akan support penuh semoga Rama dapat juara di tingkat Nasional,” tambahnya.

Inovasi Rama “Abang Sayang”, Pemuda Pelopor Nganjuk di Bidang Inovasi dan Teknologi

Selanjutnya, Adi juga merasa bangga dan terpukau dengan inovasi yang di gagas oleh Ramadhita. Yakni inovasi teknologi penjernihan minyak jelantah dari karbon aktif kulit bawang merah melalui RUMITEK (Rumah Inovasi Teknologi).

“Nama inovasinya adalah Abang Sayang, dengan arang brambang saring minyak jadi terang (Bening),” pungkasnya.

Baca Juga: Anjuk Ladang Tanah Kemenangan, Pemuda Pelopor Nganjuk Berhasil Maju Ke Tingkat Provinsi

Melalui inovasi ini, Adi menyampaikan bangga dan apresiasinya. Karena, Rama sukses menciptakan Rumah Inovasi Teknologi (Rumitek) untuk pengolahan minyak jelantah, di Desa Pandantoyo, Kertosono. Hasil olahan minyak dianggap bisa menjaga lingkungan dan bermanfaat untuk masyarakat luas.

“Inovasi digiatkan di RUMITEK atau Rumah Inovasi Teknologi Berbasis masyarakat. Artinya masyarakat bergerak sebagai pembuat teknologi dan ikut serta dalam implememtasinya. Yang dibantu oleh Tim Penelitian Gasoileum Team ITS (Institut Teknologi Sepuluh November),” bebernya.

0 Komentar