Dishub Nganjuk dan Satlantas Jaring 16 Kendaraan Pelanggar LLAJ di Ruas Jalan Baron - Tanjunganom

Terbukti melakukan pelanggaran administrasi dan teknis kendaraan terkait ketentuan uji KIR serta jumlah muatan

Nganjuk, PING– Dishub Nganjuk bersama Satlantas Polres Nganjuk kembali melakukan inspeksi keselamatan Lalu Lintas dan Angkutan Jalan (LLAJ). Razia terhadap kendaraan angkutan truk dan mobil pick up tersebut dilaksanakan pada Rabu (25/10/2023) di ruas jalan Baron – Tanjunganom.

Hal ini disampaikan Kepala Dishub Kabupaten Nganjuk Tri Wahju Kuntjoro melalui Kabid Angkutan dan Transportasi Makrus. Kepada PING, Makrus menyampaikan pihaknya bersama Satlantas Polres Nganjuk melaksanakan kegiatan inspeksi tersebut dengan tujuan untuk menegakkan Undang-Undang Nomor 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas Angkutan Jalan. 

Baca Juga : Dishub Nganjuk Audit Inspeksi Keselamatan LLAJ di Ruas Jalan Tiripan – Berbek

Makrus menyampaikan, pada kegiatan inspeksi tersebut pihaknya bersama Satlantas Polres Nganjuk berhasil menjaring sebanyak 16 kendaraan yang telah melakukan pelanggaran.

“Total keseluruhan yang kami periksa ada sebanyak 67 unit kendaraan yang terdiri dari angkutan truk dan mobil pick up. Namun ada 16 kendaraan yang ditemukan melakukan pelanggaran administrasi dan teknis,” beber Makrus.

Menurut Makrus, aturan yang dilanggar tersebut berkaitan dengan ketentuan uji KIR dan jumlah barang yang diangkut kendaraan, baik angkutan truk maupun mobil pick up.

“Ada beberapa kendaraan yang melampaui batas maksimal pengangkutan. Ada juga yang belum melakukan uji KIR dari batas waktu yang telah ditentukan. Seluruhnya kita berikan surat tilang, supaya bisa memberikan efek jera bagi para pelanggar dan juga sekaligus mengedukasi masyarakat,” tuturnya.

Baca Juga : Pastikan Keselamatan LLAJ, Dishub Nganjuk Adakan Audit Inspeksi Muatan Kendaraan

“Uji KIR itu sangat penting untuk kendaraan angkutan. Selain untuk memastikan keselamatan ketika kendaraan beroperasi di jalan raya, uji KIR juga akan mendorong pelestarian lingkungan yaitu dengan mengurangi emisi karbon dan memastikan polusi udara bisa berkurang,” imbuhnya.

Selanjutnya, Makrus merinci 16 kendaraan yang terjaring razia tersebut dengan rincian 11 unit kendaraan dikenakan tilang oleh Satlantas Polres Nganjuk, 5 unit kendaraan dikenakan tilang oleh Dishub Provinsi dan panggilan uji KIR berjumlah 5 unit kendaraan.

(AL/KUR)

0 Komentar