Dishub Nganjuk Audit Inspeksi Keselamatan LLAJ di Ruas Jalan Tiripan – Berbek

Ada 18 kendaraan yang melanggar aturan

Nganjuk, PING– Dishub Kabupaten Nganjuk bersama Satlantas Polres Nganjuk kembali melakukan inspeksi keselamatan Lalu Lintas dan Angkutan Jalan (LLAJ). Kegiatan razia muatan kendaraan tersebut dilaksanakan di ruas jalan Desa Tiripan – Berbek, Selasa ( 24/10/2023). 

“Kegiatan tersebut untuk menertibkan angkutan truk dan mobil pick up yang melanggar ketentuan uji KIR dan melanggar dimensi atau jumlah dalam pengangkutan,” ujar Kepala Dishub Kabupaten Nganjuk, Tri Wahju Kuntjoro, melalui Kabid Angkutan dan Transportasi, Makrus. 

Menurut Makrus, tujuan dilakukannya inspeksi tersebut adalah untuk menegakkan Undang-Undang Nomor 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas Angkutan Jalan yang kerap dilanggar oleh pengemudi, khususnya truk dan mobil pick up

“Mereka (pengemudi) sering melanggar pasal 227 UU 22/2009 tentang Lalu Lintas Angkutan Jalan. Yakni merubah bentuk asli kendaraan menjadi tidak sesuai dengan peraturan perundang-undangan. Dan memodifikasi kendaraannya secara berlebihan sehingga dapat membahayakan dirinya dan pengendara lain di jalan,” tuturnya. 

Dengan adanya kegiatan inspeksi bersama Satlantas Polres Nganjuk tersebut, Makrus berharap dapat mengedukasi seluruh masyarakat agar patuh terhadap peraturan yang telah ditentukan. “Sehingga semuanya pada saat berkendara di jalan raya dapat merasakan keamanan dan kenyamanan,” tambahnya. 

Sebagai informasi, target dalam inspeksi kendaraan yang dilaksanakan Dishub Nganjuk bersama Satlantas Polres Nganjuk tersebut adalah kendaraan truk dan mobil pick up yang tidak dilengkapi buku KIR dan ODOL (Over Dimension Over Loading). 

Baca Juga : Pastikan Keselamatan LLAJ, Dishub Nganjuk Adakan Audit Inspeksi Muatan Kendaraan

Dari hasil audit muatan kendaraan tersebut, Makrus membeberkan dari total 43 kendaraan yang diperiksa terdapat sejumlah 18 kendaraan yang melakukan pelanggaran. Dengan rincian 13 kendaraan tilang Lantas Polres Nganjuk, 5 kendaraan tilang Dishub Provinsi dan 4 kendaraan melanggar Uji KIR. 

“Seluruh pelanggar tersebut kami berikan surat tilang, supaya kedepan tidak diulangi lagi. Ini juga untuk mengedukasi masyarakat agar lebih sadar dan taat kepada aturan hukum yang berlaku,” imbuh Makrus. 

0 Komentar